Pemkab Garut Gelar Sosialisasi Hukum Administrasi Dan Hukum Pidana Korupsi

GARUT, KABARNUSANTARA.ID.-
Dalam upaya pencegahan tindak pidana dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Pemerintah Kabupaten Garut menggelar acara Sosialisasi Hukum Pidana Administrasi dan Hukum Pidana Korupsi di Pendopo, Kabupaten Garut, Sabtu (12/10/2019).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam sambutannya mengatakan, materi yang disampaikan adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan kerugian negara dan implikasinya terhadap hukum terutama tindak pidana korupsi.

“Ini yang harus dipahami benar oleh kita semua. Saya sengaja mengundang mahasiswa, supaya ikut mendapatkan pencerahan, bagaimana kerugian negara dihubungkan dengan tindak pidana korupsi dan implikasinya terhadap pejabat yang melaksanakan tugas pemerintahan,” kata Bupati.

Menurut Rudy, setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK), setiap tindak pidana korupsi yang berhubungan dengan penyalahgunaan kewenangan dan perbuatan melawan hukum, sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 dan 3 Undang Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), kerugian negara ini bersifat wajib, tidak lagi dapat, tapi wajib merugikan keuangan negara.

“Kalau dulu kata dapat merugikan keuangan negara itu, keuangannya belum real, berdasarkan putusan MK itu wajib ada real yang dihitung oleh Badan Pengawas Keuangan (BPK). Ada yang substansial, sesuatu tindak pidana korupsi dianggap dilakukan oleh orang secara melawan hukum atau penyalahgunaan kewenangan, perbuatannya itu wajib merugikan keuangan negara,” tandas Bupati.

Rudy berharap, Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dikuatkan. Ini sesuai perintah Presiden RI agar APIP dikuatkan. Hal yang berhubungan dengan tindak pidana itu, harus dilakukan kajian-kajian apakah ada unsur administrasinya atau tidak. Kalau memang sudah ada kerugian negara, bisa langsung dibawa ke APH.

Acara tersebut berlangsung secara dialogis antara peserta dengan para narasumber yakni Dr Dian Fuzi Simatupang dan Dr Firman Wijaya. Dan moderator, Dr Yani Briliani.

Hadir dalam acara tersebut, selain Bupati Garut H Rudy Gunawan, para pejabat SKPD, Camat, Kepala Desa dan perwakilan Mahasiswa dari 3 kampus di Kabupaten Garut. (*).

Reporter : MD. Sumarna
Redaktur : Slamet Timur

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Tinggalkan Balasan