Pemkab Garut Luncurkan Bus Wisata Sonagar, Tiketnya Cukup dengan Sekantong Sampah

Hosting Unlimited Indonesia

GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menciptakan inovasi baru untuk mendongkrak sektor wisata daerahnya, dengan meluncurkan Bus Tour Wisata Sonagar (Pesona Garut). Bus ini untuk digunakan masyarakat atau wisatawan berkeliling kota sehingga potensi-potensi wisata di Garut mudah dijangkau.

Uniknya, tiketnya pun cukup dengan membawa sekantong sampah yang dipungut dari jalan dan dibuang di tempat sampah yang telah disediakan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, mengatakan, bus yang didesain khusus tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar untuk kebutuhan transportasi wisatawan agar bisa menikmati wilayah perkotaan Garut.

Simak video:

Silayung Park Garut Jadi Objek Wisata Buruan Traveler

“Untuk sementara ini jalur yang akan dilalui seputar kawasan Garut Kota,” kata Suherman dalam acara launching Bus Tour Wisata Sonagar di Pendopo Garut, Jumat (5/7/2019).

Ia mengatakan, rute Bus Sonagar, titik pemberangkatan dari Pendopo Garut, kemudian melewati Alun-alun, Jalan Jendral Ahmad Yani, Jalan Ciledug, Jalan Siliwangi, Jalan Cikuray dan kembali ke halaman Pendopo.

“Masyarakat yang ingin menikmati bus tersebut, cukup membawa satu kantong plastik sampah yang dipungut dari kawasan perkotaan Garut atau sekitar Alun-alun dan membuangnya ke tempat sampah yang telah di sediakan Dinas Lingkungan Hidup,” jelas Suherman.

Ia berharap,  dengan keberadaan Bus Sonagar, selain sektor wisata Garut terdongkrak, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan kawasan perkotaan Garut pun meningkat.

Baca juga:

Sukses Kembangankan Kebun Jeruk Eptilu, Rizal Pemuda Asal Cikajang Jadi Duta Petani Muda Asean

“Masyarakat bisa menumpang bus secara gratis tetapi harus terlebih dahulu memungut sampah di seputaran Alun-alun Garut, jadi bayar karcisnya pakai sampah sebanyak satu kantong kresek,” ujar Suherman.

Ia menyampaikan, hari pertama peluncuran bus tersebut mendapatkan respon positif dari warga yang terlihat antre menunggu giliran naik bus.

Seorang warga Garut, Resta menyambut baik adanya bus wisata Sonagar sebagai tambahan sarana hiburan bagi masyarakat Garut.

“Senang sekali bisa naik Sonagar jadi gak usah jauh-jauh ke Bandung, Garut juga punya Sonagar, gak kalah sama bus Bandros Bandung,” katanya. (*)

Reporter : MD Sumarna
Editor : Mustika

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Comment