GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Pemerintah Kabupaten Serang Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut yang terdiri dari Bagian Komunikasi dan Informatika Sekretariat Daerah dan Bappeda Pemerintah Kabupaten Serang, dengan tujuan untuk melakukan kaji tiru terhadap aplikasi Si Dogar (Sistem Informasi dan Dokumentasi Garut), Kamis 14 Desember 2018,  rombongan dipimpin Kepala Bagian Komunikasi dan Informatika Sekretariat Daerah Kabupaten Serang Anas Dwi Satya.

Kunjungan kerja tersebut berlangsung di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut dan diterima oleh Sekretaris Dinas Diar Cahdiar, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan Ricky Rizki Darajat, Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Hasyim dan staf Kominfo lainnya.

Kepala Bagian Kominfo Kabupaten Serang Anas Dwi Satya mengatakan, kami sengaja datang ke Kabupaten Garut untuk mendalami beberapa hal diantaranya Si Dogar, Keamanan Informasi, Struktur Organisasi dan hal lainnya.

“Kami mendapat informasi dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat bahwa untuk melakukan kaji tiru berkaitan dengan Sistem Informasi dan Dokumentasi Garut (Si Dogar) ke Kabupaten Garut, karena dalam Monitoring Dan Evaluasi serta pemeringkatan Laporan Layanan Informasi Publik (LLIP) beberapa waktu yang lalu Kabupaten Garut memperoleh peringkat kedua tingkat Provinsi Jawa Barat”.

Anas menambahkan, sebagaimana amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008, bahwa badan publik harus memberikan pelayanan informasi yang tepat dan cepat.

“Kami ingin sekali belajar dan mengetahui Si Dogar, dan akan kami terapkan di Kabupaten Serang karena sistem pelayanan informasi di kami akan ditata di tahun 2019” jelas Anas.

Selain itu kami juga ingin belajar tentang keamanan informasi, juga yang utama adalah struktur organisasi pada Kabupaten Garut.

“Pada waktu kemarin ada monitoring dan pengisian indikator dari Korsubgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kami mendapatkan nilai yang kurang baik karena ada beberapa variabel yang tidak sesuai dengan ketentuan diantaranya belum memiliki sistem informasi dan struktur organisasi yang belum di sesuaikan” pungkas Anas.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Garut di dampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan menyampaikan, menyambut baik kunjungan dari kabupaten Serang ini dan mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan Pemkab Serang untuk menindak lanjuti rekomendasi Korsubgah.

“Kami senang Perkab Serang ingin melihat dan berkunjung serta melihat upaya-upaya yang telah dilakukan Pemkab Garut dalam hal sistem informasi dan komunikasi, dan kami sampaikan segala apa yang telah kami lakukan baik itu untuk pelayanan kepada masyarakat maupun regulasi yang telah kami lakukan” kata Diar.

Kunjungan yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut di isi dengan pemaparan Di Dogar oleh Kepala Bidang  Pengelolaan Informasi dan Kehumasan  Ricky Rizki Darajat, penyampaian tentang Keamanan Informasi oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Hasyim dan struktur organisasi disampaikan oleh Sekretaris Dinas Diar Cahdiar, selain itu berlangsung diskusi dan tanya jawab yang santai serta penuh keakraban antara Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal ini Diskominfo dan Pemerintah Kabupaten Serang perwakilan dari Sekretariat Daerahnya dan juga Bappeda Kabupaten Serang.

(garutkab.go.id)