Pendapat Wantiknas Mengenai Tranformasi Digital

0
122

JAKARTA | KABARNUSANTARA.ID  – Di era digital ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peranan yang penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, di Indonesia penerapan TIK belum optimal.

Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Dr. Ing Ilham A. Habibie, perkembangan digital itu tidak terbatas. Dengan adanya digital, dapat membantu kehidupan dunia menjadi efisien, begitupun untuk Indonesia.

Dia memaparkan target yang bisa diraih oleh Indonesia dalam perkembangan digital, yakni menumbuhkan potensi dalam sumber daya manusia (SDM), memudahkan adanya Link and match, dalam mengubah konten secara dramatis mengenai penerapan pembelajaran di sekolah, dan di tingkat perguruan tinggi. Selain itu, bisa mendalami big data dan bisa berkolaborasi dengan stakeholder.
“TIK itu memiliki dampak yang besar bagi kehidupan,” kata Ilham dalam acara Simposium Nasional dengan tema Transformasi Digital untuk Indonesia Maju Di Era 4.0 di Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Rabu (4/12/2019). Dilansir Liputan6.com

Namun, di Indonesia terdapat beberapa kendala terkait perkembangan TIK di Indonesia, yakni belum meratanya infrastruktur dan minimnya kompetensi SDM, serta lemahnya koordinasi antar pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Maka dibutuhkan pengembangan SDM TIK yang unggul.

Pengembangan SDM itu dilakukan dengan melakukan penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang TIK. Selanjutnya, standarisasi dan penyeragaman skema sertifikasi kompetensi yang mengacu pada Peta Okupasi TIK Nasional.

Agar seluruh intitusi di bidang pendidikan baik SMK dan Perguruan Tinggi, serta organisasi di dunia usaha memiliki acuan yang sama dalam pengembangan kapasitas talenta digital. Hal itu bertujuan untuk peningkatan daya saing bangsa.

Reporter : Bunga CAP