GARUT|KABARNUSANTARA.IDReboisasi adalah  kegiatan penanaman kembali pada lahan yang tandus. Reboisasi harus diperhatikan dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan saat ini banyak sekali penebangan liar yang tentu saja merugikan bagi manusia dan dampaknya akan dirasakan beberapa puluh tahun ke depan. Oleh sebab itulah kesadaran akan reboisasi ini perlu digalakkan kembali. Dampak dari maraknya penebangan hutan liar yang sering terjadi adalah maraknya tanah longsor, erosi tanah dan punahnya satwa yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Agung Laksono: Ketum Golkar Harus Siap Diusung Jadi Calon Presiden

Reboisasi ini sangat penting dilakukan karena pohon bisa menyediakan oksigen dalam jumlah yang besar dan mampu menangkap polusi serta karbondioksia selain itu pohon juga memiliki manfaat lainnya yang sangat berguna bagi manusia dan seluruh makhluk hidup lainnya di bumi dan juga untuk menghindari dari abrasi da erosi yang dapat merugikan seluruh makhluk hidup dibumi.

Baca Juga: GMNI Indramayu Sebut Gerakan People Power Inkonstitusional

Manfaat reboisasi harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Agar kesadaran anak untuk melakukan penanaman pohon semakin tinggi sehingga sampai dewasa akan selalu teringat untuk selalu menanam pohon dan merawat pohon dengan baik. Dengan melakukan reboisasi akan didapatkan manfaat seperti mencegah terjadinya erosi tanah, melestarikan kesuburan tanah, menjaga struktur tanah, menjaga keanekaragaman satwa, membuat udara tetap bersih dan sehat, membuat tanah tetap kokoh, mengurangi efek dari pencemaran udara dan global warming, dan melestarikan Sumber Daya Alam yang sudah ada dan bisa digunakan sebagai peningkat produktivitasnya.

Baca Juga: KAMAHK Laporkan Enam Lembaga Survei ke Bareskrim Polri

Penulis: M Reza