KABAR NUSANTARA – Pertanian Garut, Banyak perkerja kantoran yang mencari usaha sampingan sebagai penunjang kebutuhan rumah tangga, seperti anggota TNI asal Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Jawa Barat, yang berhasil merauf untung dari bertani Pepaya California.

TNI tersebut bernama Pelda Asep Didi,  setelah kurang lebih dua tahun bercocok tanam Pepaya California, kini bisa menambah penghasilan. Tiap minggu Asep mampu menghasilkan uang puluhan juta rupiah.

Lahan Pertanian Pepaya Garut Jenis Kalifornia yang di garap Pelda Asep Didi

“Yah sangat membantu apalagi saya seorang prajurit TNI, tanpa harus menyita waktu kerja saya di kantor, ” ujarnya, Minggu 04 Januari 2018.

Waktu bertani dimamfaatkan Asep setiap hari Sabtu dan Minggu atau hari libur, keseharian tanaman pepaya dirawat oleh 80 orang pekerja. Luas areal tanaman pepaya hingga saat ini sudah mencapai 10 hektar, dengan sistem pola tanam yang dikembangkan, Asep mampu mengatur waktu panen satu minggu sekali untuk lahan seluas satu hektar.

“Jadi penenamannya tidak sama saya atur supaya waktu panen bisa seminggu sekali, selain bisa panen rutin juga sebagai upaya mengejar pasar, ” ungkap Asep.

Pepaya muda Garut Jenis, kalifornia garapan Asep Didi

Lanjut Asep, 10 hektar lahan yang dia tanami merupakan hasil sewa selama lima tahun. Agar hasilnya lebih besar dia membuat pupuk organik sendiri dengan memampaatkan bahan-bahan yang ada dikebun.

“Tanahnya hasil sewa, pupuknya saya buat sendiri,  sehingga biaya produksi bisa lebih kecil ketimbang hasil panen, ” katanya.

Selain memiliki penghasilan yang besar, Asep bangga karena telah mengurangi angka pengangguran. Disamping itu lahan yang semula merupakan lahan tidur kini disulap jadi lahan produktif yang menghasilkan uang.

“Jujur saja kadang pekerjaan ini dipandang sebelah mata, setelah ditekuni ternyata sangat bermamfaat bagi saya dan keluarga bahkan masyarakat, ” pungkas Asep.

(Rendy)