Pertanyakan Kartu 27 KPM PKH Garut, GMPP Dituduh Membuat-buat Masalah Oleh Kades Talagawangi

0
1229

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Kelompok pemerhati masyarakat kecil yang tergabung dalam Gerkan Masyarakat Peduli Pakenjeng (GMPP) mengklaim telah menemukan data penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah Desa Talagawangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak beberapa tahun yang lalu.

Dalam penelusurannya GMPP berhasil menghimpun 27 data Kelurga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar sebagai penerima PKH namun sampai saat ini tidak memegang kartu PKH dan tidak pernah menerima bantuan sama sekali.

“Mereka ini setelah kami cek datanya sudah terdaftar sebagai penerima PKH tetapi tidak memiliki kartu dan tidak pernah menerima bantuan, misalnya data atas Nama Ibu Ena Ciawi Tali RT. 01 RW. 02 dengan Nomor BDT 3205050012000466, Nomor Peserta 320505016300369, kamipun mencoba melakukan konfirmasi kepada Pendamping namun beliau tidak mengetahui dimana kartu tersebut,” ujar Salim melalui pesan instan whatsapp kepada kabarnusnatara.id, Kamis (18/06/20) siang.

Selain itu menurut Salim yang biasa disapa Ebong, dirinya mengaku telah berusaha menghubungi kepala desa setempat untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai keberadaan kartu tersebut agar dapat diberikan kepada pemiliknya. Namun, Ebong merasa kepala desa malah menuduhnya membuat-buat masalah.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Talagawangi Kecamatan Pakenjeng, Ubed saat dimintai tanggapannya soal masalah yang disampaikan GMPP memilih tidak mau berbicara banyak jika dimintai tanggapannya lewat aplikasi pesan.

“Lebih baik ketemu pak, supaya jelas. Keterangan yang kami sampaikan supaya paseh, maaf terkadang kalau pakai ketikan, saya mah kurang afdol kata-katanya,” jelas Ubed lewat aplikasi pesan, Kamis (18/06/2020).

Reporter : Evan SR

Editor : AMK