oleh

Pesilat Garut Sabet Emas dalam Kejuaraan Pencak Silat di Belgia

GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Andika Dhanireksa, mahasiswa Uniga (Universitas Garut (Uniga) yang juga pesilat Garut dari Paguron Putra Siliwangi Garut, sukses menyabet emas dalam kejuaraan dunia pencak silat di Belgia yang digelar pada akhir April 2019 lalu.

Andika meraih emas dalam Beregu Putra menyisihkan tim dari dunia lain.

Baca juga:

Tak Ada Biaya, 32 CCTV di Pasar Ciawitali Dibiarkan Rusak

Setelah tiba di Garut, Andika bersama tokoh Paguron Putra Siliwangi Garut, langsung menemui Ketua KONI Garut, Dr. Ir. Abdussy Syakur Amin, M.Eng yang juga Rektor Universitas Garut, Minggu (12/5/2019).

Dalam kesempatan itu Syakur menyatakan sangat bangga dengan prestasi yang diraih Andika dan Paguron Putra Siliwangi. Syakur mengatakan, kesuksesan seseorang tidak selalu diukur dari prestasi akademiknya tapi juga non akademik, seperti prestasi olahraga juga harus diberi apresiasi dan penghargaan.

“Bahkan ke depan tidak hanya bidang olahraga, tapi bidang lain seperti seni dan budaya perlu diberi motivasi agar bisa sama-sama mengharumkan nama bangsa dan negara,” kata Syakur saat menerima Andika yang didampingi Kresna Banyu dan Rano Slamet Nugraha dari Paguron Putra Siliwangi Garut.

Rektor menyebutkan, yang hebat itu tidak hanya atlet, tapi juga pelatih Paguron Putra Siliwangi yang dipimpin Taopik. Syakur menjelalskan, Taopik adalah pengurus Cabor Pencaksilat dari tingkat kabupaten hingga nasional.

“Serta tentu saja orangtua, yaitu Kang Dandan Gandhani yang selalu mendukung. Kita mah support semampunya saja,” katanya.

Dalam kesempatan itu Andika sendiri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kariernya dalam pencak silat, khususnya Paguron Putra Siliwangi pimpinan Taofik, IPSI Garut dan Rektor Uniga.

Tentang Uniga, Andika mengataka, kampus tempat ia menimba ilmu tersebut memberikan dukungan penuh, termasuk beasiswa kuliah gratis.

Baca juga :

PT KAI Robohkan Bangunan Bernilai Ratusan Juta di Area Stasiun KA Garut

“Saya sangat bersyukur karena Pak Rektor (Abdussy Syakur Amin) begitu mendukung karier saya, dari mulai beasiswa sampai motivasi yang lain. Saya berharap dukungan ini berbuah prestasi yang lebih membanggakan di kemudian hari,” ujar Andika.

Kejuaraan Pencak Silat Internasional Belgium Championship 2019 di Schoten, Belgia berlangsung pada 26-28 April 2019 lalu. Kejuaraan itu ajang uji coba untuk SEA Games 2019. Secara keseluruhan dalam kejuaraan itu Indonesia memenangi 8 emas, 4 perak, dan 3 perunggu.

Reporter : Jay
Editor: Mustika

Komentar

News Feed