Prajurit TNI Tes Swab usai Secapa jadi Klaster Covid-19 Atas Perintah Menhan Prabowo

0
121

JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Prabowo Subianto Menteri Pertahanan perintahkan seluruh prajurit TNI jalani tes kesehatan, hal itu menyusul Secapa TNI AD yang menjadi klaster baru Covid-19 di Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Dahnil Anzar Simanjuntak. “Beberapa kali sudah dilakukan (pemeriksaan) dibeberapa unit dan kesatuan, beliau (Prabowo) minta bisa dilakukan secara berkesinambungan dan lebih luas,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (10/7/20).

Prabowo menyebut, seluruh prajurit wajib mengikuti pemeriksaan swab. Sebab, TNI menjadi ujung tombak memerangi virus asal Wuhan, China ini.

“Terkait dengan hal tersebut, Pak Prabowo meminta ada test swab massal memang kepada seluruh Prajurit TNI, agar semuanya selalu siap sedia menjalankan tugas, apalagi saat ini TNI menjadi salah satu ujung tombak penanganan Covid-19 di lapangan,” jelasnya.

Awal beredarnya informasi ini bahwa penyebaran virus di klaster ini berawal pada 21 Juni saat sejumlah siswa melaksanakan pesiar (libur). Kemudian, pada 25 Juni, tiga orang Siswa dan 1 orang PNS Perawat KSA Secapa AD berobat di Dustira.

Saat di Rapid Test hasilnya reaktif, setelah diswab hasilnya pun positif. Kemudian, dalam info yang beredar di aplikasi pesan di kalangan wartawan tersebut, pada 30 Juni, hasil rapid terhadap 188 orang hasil reaktif. Pemeriksaan lanjutan dengan metoda swab hasilnya 178 positif Covid-19.

Setelah itu, pada 2 Juli, swab massal siswa dan organik 836, terdapat 669 orang positif Covid-19, hingga 7 Juli diperoleh Data hasil swab 1.200 orang positif Covid-19.

Reporter : Mimbar