KABARNUSANTARA.ID – Kabar Mudik, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengaku telah mempersiapkan dengan baik seluruh jalur transportasi untuk musim mudik tahun ini. Menteri Budi Karya juga mengaku Kemenhub siap menjalankan amanah Presiden Jokowi untuk membuat perjalanan mudik tahun ini lebih indah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kami perkirakan ada lebih dari 20 juta pemudik pada Lebaran 2018. Pemudik jalur udara diperkirakan ada delapan juta pemudik, jalur darat sekitar tujuh hingga delapan juta pemudik, jalur laut sekitar 1,5 juta pemudik,” ujar Menteri Budi Karya di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Sabtu (19/5/18).

Menteri Budi Karya merinci ada sekitar 6 juta pemudik yang memakai jalur perjalanan kereta api. Angka ini, katanya, mengalami peningkatan 5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada para pemudik pengguna jalur darat agar tak semuanya menggunakan jalan tol. Menteri Budi Karya menyarankan agar pemudik lewat jalur darat bisa juga menggunakan jalur selatan Jawa.

Selain itu, Menteri Budi Karya juga menyarankan agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor. Dia lebih menyarankan menggunakan bus maupun kereta.

“Kami mengimbau, masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena 70 persen kecelakaan dalam dua tahun belakangan didominasi motor,” paparnya.

Menteri Budi Karya menambahkan pihaknya juga meminta kesadaran organisasi angkutan darat (Organda) dan pengusaha transportasi darat agar bisa memastikan kelaikan armadanya. “Bus atau mobilnya semestinya ada ramp check. Tidak ada ramp check, tak boleh beroperasi. Jika tidak (ramp check), kendaraan sangat berisiko. Ini jadi keharusan,” tutupnya.

(Hendra)

Sumber : Merdeka.com