JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID. – “Dengan mengucap bismillah banpres produktif untuk usaha mikro kecil saya nyatakan diluncurkan,”katanya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/8/20).

Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini resmi akan meluncurkan sebuah program bantuan presiden (banpres) produktif ini untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Artinya mulai siang ini bantuan sebesar Rp 2,4 juta itu sudah transfer langsung ke penerima.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan khusus untuk hari ini akan ditransfer kepada 1 juta pelaku usaha mikro dan kecil. Kemudian meningkatkanya secara bertahap penyalurannya hingga mencapai target 12 juta penerima.

“Kita harapkan nanti di akhir Agustus akan dibagi kepada 4,5 juta para usaha mikro kecil, akhir September 9,1 juta dan setelah itu 12 juta. Jadi totalnya nanti 12 juta usaha mikro kecil yang akan diberikan banpres produktif ini sebesar Rp 2,4 juta,” jelasnya.

Saat ini dana banpres produktif itu sudah berada di perbankan, yang kemudian akan langsung ditransfer  ke rekening penerima.

Jokowi menegaskan, banpres produktif ini sifatnya adalah hibah, bukan pinjaman. Sehingga penerima tak perlu memikirkan cara untuk  mengembalikan uang tersebut.

“Digunakan betul-betul kepada semua penerima banpres untuk tambahan modal, untuk menambah barang-barang dagangan kita, yang saya harapkan itu. Dan pada hari ini diberikan kepada 1 juta usaha mikro kecil. Sekali lagi bantuan ini nanti dananya akan langsung ditransfer ke bapak ibu sekalian tidak melalui pihak lain tapi langsung ke rekening bapak ibu sekalian,” kata Jokowi.

“Saya minta bapak ibu yang hadir di istana maupun yang hadir secara virtual, apakah bapak ibu sudah pegang buku tabungannya? sudah semuanya? sudah? oh berarti pegang semuanya sudah, ya nanti tolong nanti dicek ke rekening masing-masing sudah tertransfer apakah belum hari ini atau paling lambat besok dilihat,” tambahnya.