PT. KAI akan Operasikan Kereta Api Cibatu – Wanaraja Bulan September Ini

0
307



GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Kepala Daerah Operasional (DAOP) Wilayah II Bandung, Jawa Barat, Saridal, mengatakan, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) berencana mengoperasikan kereta api jurusan Stasion Cibatu-Wanaraja Kabupaten Garut pada bulan September 2019 mendatang. Sedangkan untuk sampai Garut Kota, kemungkinan awal tahun depan.

“Pembangunan relnya sudah dimulai, insya Allah September sudah sampai Wanaraja. Saya maunya sudah bisa dioperasikan mulai September dari Cibatu ke Stasion Wanaraja,” ujarnya saat menyaksikan pelaksanaan Pasar Murah KAI di Stasion Garut Kota, Selasa (2/4/2019).

Baca juga:

Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

Melalui Program Polres Peduli, Suhada (80) Kini Punya Rumah Layak Huni

Dikatakan Saridal, dari 1077 bangunan yang ada di bantaran rel kereta api Cibatu-Wanaraja, sejauh 19,5 Km itu, yang sudah dibongkar hampir 98, 9 persen.

“Yang belum dibongkar itu tinggal 2 kilo meteran lagi. Karena ini masa pemilu harus tenang, kami tidak melakukan pembongkaran. Tapi kalau mau bongkar sendiri silahkan, uang bongkarnya sudah dibayarkan semua,” ungkapnya. Adapun uang pengganti, atau yang disebut Saridal uang bongkar, besarannya bervariasi. Untuk bangunan permanen Rp 250 ribu per meter dan semi permanen Rp 200 ribu per meter.

Ditambahkannya, pasar murah yang diselenggarakan PT. KAI anggarannya bersumber dari CSR PT KAI sendiri.

“Ini adalah kewajiban sebagai BUMN. Untuk kegiatan ini (anggarannya) sekitar Rp 40 jutaan, kemarin ke SMK Pasundan Rp 50 juta, untuk mesjid dan lain-lain, semuanya di Garut ini tujuh titik,” tuturnya.

Barang yang dijual dalan kegiatan Pasar Murah KAI adalah paket sembako yang berisi beras, minyak, gula, sarden dan lain-lain. Kegiatan ini diperuntukan warga sekitar Stasion, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota.

Reporter : Jay

Editor: Mustika