GARUT|KABARNUSANTARA.ID Susunan
Batu raksasa yang diduga sebagai situs peninggalan zaman pra sejarah ditemukan Warga Desa Karyamukti, Puncak Gunung Silayung, Kecamatan Cibatu, Garut, Jawa Barat.

Ditemukannya susunan batu besar tersebut diantara semak belukar tumpukan dedaunan kering, disaat warga melakukan pembersihan kawasan tanah milik desa di Gunung Silayung. Bongkahan batu yang tersusun ini membuat warga kaget, kemudian langsung bergegas untuk melapor kepada aparat desa setempat.

Widya Heru Kepala Desa Karyamukti mengatakan saat dilakukan penelitian awal, aparat desa mempercayai bahwa batu besar yang tersusun tersebut, merupakan situs peninggalan zaman pra sejarah.

“Jika kita amati dari tata letak batu, gambar-gambar yang ada di batu, beberapa tapak kaki besar yang ada di batu, memang menurut kami ya secara awam, ada sejarah di masa lampau. Tapi kembali lagi, ada dinas terkait dan berwenang menentukan apakah ini memang situs bersejarah atau bukan,” ungkap Widya.

Penemuan susunan yang diduga batu megalitikum di Puncak Gunung Silayung berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut itu, merupakan yang pertama kali bahkan para ahli kepurbakalaan memerlukan waktu yang lama untuk meneliti kebenaran tersebut, apakah susunan batu kuno ini benar sisa zaman megalitikum atau bukan.
(Rifan/Fauziani)