GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Satua lalu lintas (Satlantas) Polres Garut, gelar rajia peningkatan kesadaran masyarakat dalam berkendara, yang berlokasi di bundaran SMKN 2 Garut menuju banyuresmi, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Puluhan personil polisi lalu lintas di siagakan untuk memeriksa kelengkapan berkendara ratusan pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut.

Walaupun dengan pemasangan papan peringatan adanya rajia, ratusan pelanggar tetap ditindak aparat dengan berbagai macam pelanggaran.

Bahkan polisi sempat direpotkan dengan adanya pelanggar yang nekat kabur dan sempat menggilas salah satu kaki dari anggota Satlantas Polres Garut.

Saat rajia KBO Satlantas Polres Garut Iptu Erwin Hermawan Sip mengatakan bahwa rajia tersebut menyasar pengendara yang tidak memiliki SIM, membawa STNK, dan kelengkapan berkendara lainnya akan ditindak aparat.

Iptu Erwin Hermawan KBO Satlantas Polres Garut Dok : Istimewa

“Pengendara dengan kapasitas angkutan berlebih, kita tertibkan juga, karena membahayakan orang lain, dan ini akan terus berlanjut agar masyarakat sadar,” ujarnya saat di konfirmasi di lokasi, Selasa (01/10/19) sore.

Selain itu di tempat terpisah Ipda Budiman menyayangkan masih tingginya pelanggar dari kalangan pelajar dalam rajia tersebut, padahal menurut hermawan pihaknya gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Garut Ipda Budiman

“Ini semua kami tindak, dan bagi pelajar yang belum memiliki SIM atau belum masuk umur untuk punya SIM kami himbau untuk tidak menggunakan kendaraan sendiri terlebih dahulu,” pungkasnya.

Bahkan Hermawan menambahkan jika pihaknya, hanya melakukan pemeriksaan terhadap pelanggar yang kasat mata.

Reporter : Evan SR
Redaktur : Slamet Timur