GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Pegawai hotel dan penginapan di kawasan objek wisata Cipanas melakukan Swab Test Kamis (27/08/20). Swab test dilakukan oleh petugas medis dari Puskesmas Cipanas, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Jawa Barat.

Kepala Puskesmas Cipanas, Hj. Husnul Khotimah, S.ST mengatakan, test dilakukan sesuai anjuran Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut untuk screening penyebaran Covid-19 di Kabupaten Garut.

“Kita menjalankan surat edaran pak Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dimana tempat umum ini harus dilakukan tes masif screening Covid-19,” ucapnya.

Pada tahap pertama ini, minimal 52% dari 1097 pegawai htel dan penginapan di kawasan Cipanas Garut atau sebanyak 552 orang di test petugas medis Puskesmas Cipanas garut .

“Sebelumnya kita sudah sosialisasi kepada pihak hotel. Semua hotel penginapan dirandom sampling minimal 52% persen, dari nama-nama tersebut harus diswab sampling. Ini untuk kepentingan bersama dan warga sekitar, karyawan hotel harus diyakinkan dalam kondisi aman dari Covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya Husnul menuturkan, pengambilan sampel swab karyawan dari 56 Hotel dan Penginapan di kawasan objek wisata Cipanas, akan dilakukan menjadi dua tahap.

“Jika dari hasil ini tidak ada yang positif, maka kami tidak akan melaksanakan tahap dua, tapi kalau ada, nanti ada tahap dua yakni melakukan tes bagi karyawan lainnya yang 48 persen. Untuk hasil tes ini bisa diketahui pada 3 sampai 7 hari mendatang,” tuturnya.

Pada sebelumnya, Husnul mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu, tentang bahayanya Covid 19, cara penanganan dan pencegahannya.

“Cukup panjang perjalanannya sebelum bisa dilaksanakan tes swab ini. Kan ada yang belum mengerti, ada juga yang tidak mau, ada yang takut dan alasan lainnya. Kita sempat kumpulkan dulu perwakilan dari semua hotel dan penginapan, akhirnya ada komitmen kesepakatan untuk swab,” ungkapnya.

Ratusan pegawai hotel dan penginapan ini terlihat cukup antusias mengikuti tes swab ini. Ada pula diantaranya yang mengaku takut, tapi setelah mendapat penjelasan dari rekannya, merekapun akhirnya mau mengikuti tes swab yang ditangani oleh tenaga medis.