GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Harapan besar digantungkan kepada calon Ketua Kadin Garut dalam Mukab Kadin Ke VII yang akan di gelar pada tanggal 21 Januari 2020 mendatang, jika sebelumnya ada kelompok UMKM yang menuai harapan sama dalam perhelatan pemilihan Ketua Kadin Garut, kini harapan tersebut muncul dari kalangan pengusaha basis pesantren yang sedang digalakan programnya oleh Pemprov Jabar di era kepemimpinan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum.

Drs. Rd Husna A Haris sebagai Ketua Pembina HIPSI (Himpunan Pengusaha Santri Indonesia) Kabupaten Garut ikut berkomentar dalam perhelatan perebutan kursi Ketua Kadin Garut, ia berharap Kadin tidak terjebak pada regulasi pemerintah dan pengusaha-pengusaha besar saja, namun ia menyebut jika Kadin harus memberi harapan besar dan karya nyata bagi para pengusaha.

“Tanggapan saya tentang Mukab Kadin, Kadin ini jangan terjebak regulasi pemerintah dan pengusaha-pengusaha besar. Kadin harus memberi harapan besar dan karya nyata buat para penguasaha yang ada di daerah. Saatnya kadin harus bisa memberi terobosan baru buat para penggiat usaha kecil dan menengah apalagi saat adanya program opop sudah semakin banyak pesantren menjadi penggiat ekonomi,” ujarnya saat dihubungi wartawan baru-baru ini.

Ia berharap hasil karya pesantren harus di apresiasi, dan jangan menjadikan Kadin sebagai aksesoris saja dan adu gengsi antar kelompok, sudah saatnya Kadin Garut harus memberi peluang dan harapan baik dan karya nyata bagi para pelaku usaha.

“Jika sebagai pelaku ekonomi tidak di apresiasi maka saya akan mencap bahwa kadin sebagai aksesoris saja dan ajang gengsi sekolompok orang tertentu. Saatnya kadin memberi peluang dan harapan baik dan bagi para pelaku usaha ekonomi menengah kebawah yang juga lebih giat memberikan arahan postitive demi meningkatkan UMK/UMR. Saya berharap dengan adanya pemilihan Ketua KADIN yang baru bisa menjadi solusi,” harapnya.

Ia mendoakan dengan adanya Mukab Kadin ke VII Garut bisa melahirkan Ketua yang muda serta kreatif inovatif berdedikasi tinggi terutama berakhlaqul karimah.

“Untuk kandidat saya lebih memilih yang dekat dengan masyarakat mudah-mudahan Agus Alafaz terpilih nenjadi Ketua Kadin di Kabupaten Garut, agar Kadin menjadi fasilitator, dinamisator, kanalisator antara pengusaha dan pemerintah. Dan bisa memberikan manfaat bagi para pengusaha baik dikalangan atas, menengah dan bawah sebagai mitranya. Saatnya kadin banyak melahirkan para entreupreneur yang handal dan terarah secara fundamental,” pungkasnya.

Reporter : Evan SR

Editor : Slamet Timur