BANDUNG|KABARNUSANTARA.ID – Ridwan Kamil Sebagai Gubernur Jawa Barat menjelaskna progres program keumatan yang digarap Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar usai salat subuh Berjamaah Keliling (Subling) di Masjid Al-Irsyad, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (18/8/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil memaparkan progres program Satu Desa Satu Tahfiz yang sudah berjalan di Jabar. Menurut Emil, ada 1.200 orang yang tertarik dan akan belajar di berbagai pesantren Tahfiz Al-Qur’an.

Baca juga : Ridwan Kamil Sebut Proyek Tol Cigatas Segera Dilelang

“Saya laporkan ya, ada 1.200 anak-anak di tiap desa yang sudah mulai belajar di pesantren Tahfiz Alquran yang tersebar di berbagai daerah. Program Jabar Juara Lahir Batin ini sekarang sudah ngabret (cepat). Sehingga, cita-cita satu desa memiliki satu tahfiz Al-Qur’an bisa inshaalloh bisa terwujud,” harap Emil.

Selain itu, Emil juga mengatakan bahwa program English for Ulama sudah berjalan, bahkan, akan ada lima ulama yang berasal dari Jabar dikirim ke Inggris untuk menjadi duta perdamaian dengan berdakwah.

Baca juga : Ridwan Kamil Usulkan Sekolah di Satu Lokasi, Mendikbud: Visioner Sekali

“Sekarang kami sedang mempersiapkan gelombang ke duanya, persiapan dan berita baiknya dalam waktu dekat lima ulama akan dikirim ke Inggris,” ujarnya.

“Semoga pelatihan bahasa Inggris ini diikuti oleh ulama dari KBB (Kab. Bandung Barat) karena program ini akan terus berlanjut,” tambahnya.

Sebelum menutup Emil memaparkan progres lain dari program One Pesantren One Product, menurut emil, terdapat 500 pesantren yang sedang menyiapkan business plan untuk pengembangan ekonomi.

Baca juga : Berikut Kabupaten/Kota di Jabar Alami Kekeringan

Sementara untuk program Kredit Mesra (Mesjid Sejahtera), kata Emil, sudah berjalan dengan baik, Emil meminta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk menyampaikan informasi kepada masyarakatnya terkait program tersebut.

“Sampaikan kepada warga kalau butuh pinjaman uang cukup datang ke masjid yang sudah direkomendasikan oleh DKM, dana itu sudah kita sebar ke berbagai daerah,” cetus Emil.

Emil menyebut, masjid Al-Irsyad masuk dalam nominasi 20 masjid terbaik dunia. Pemenang nomimasi tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat di Arab Saudi.

“Masjid ini (Al-Irsyad) masuk nominasi 1 dari 20 masjid terbaik dunia insyaallah akan diumumkan sebentar lagi di Arab Saudi, semoga saja,” pungkas Emil.

Penulis : Ryan