oleh

Ridwan Kamil Sebut Proyek Tol Cigatas Segera Dilelang

BANDUNG|KABARNUSANTARA.ID – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyebut percepatan proyek Tol Cigatas (sekarang rutenya menjadi Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap-Red) perlu dilakukan untuk menyelesaikan kemacetan arus lalulintas di sejumlah titik di jalur Priangan Timur, terutama saat arus mudik/balik lebaran.

“Secara keseluruhan arus mudik dan balik Lebaran 2019 di wilayah Jawa Barat berjalan lancar sesuai harapan. Namun, jalur Priangan Timur harus ada pembenahan terkait terjadinya kemacetan di sejumlah titik saat arus mudik dan balik kemarin,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, usai memimpin rapat di Gedung Sate, Bandung, Senin (10/6/2019).

Ia menegaskan, Tol Cigatas merupakan solusi atas kemacetan yang sering mewarnai jalur Priangan Timur.

Oleh karena itu, Emil menyebut akan segera melelang jalur baru Cigatas agar pengerjaannya bisa dimulai sesegera mungkin.

Perubahan rute

Pembangunan tol yang menghubungkan Bandung dengan Tasikmalaya bernama Cigatas ini ternyata rutenya berubah menjadi Gedebage- Tasikmalaya- Cilacap.

Baca juga :

Usai Tabrakan, Mobil dan Sepeda Motor Masuk Jurang Sedalam 50 Meter

Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priyohutomo mengatakan, ada dua faktor yang mendasari perubahan rute (trase) program jalan tol Cileunyi – Garut – Tasikmalaya (Cigatas) menjadi Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap.

“Sebetulnya sama, hanya memang rutenya ada penyesuaian karena terkait masalah kondisi kontur medan daripada lokasi tersebut sehingga kita perlu ada penyesuaian,” ujar Adrian (Antara, Senin 11 Februari 2019).

Baca juga:

Persib Bandung Akuisisi Blitar United

Faktor kedua, lanjutnya, rute program tol tersebut diarahkan untuk tidak semua dekat dengan jalan nasional, sehingga pihaknya berencana membawa rute tersebut ke selatan agak menjauh dari posisi jalan nasional.

Hal ini dilakukan agar menunjang program pengembangan wilayah selatan sesuai harapan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rencananya arah rute program tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap ini akan melalui Gedebage, Majalaya, kemudian Garut lalu menuju Tasikmalaya. Lanjut lagi nanti pada seksi berikutnya dari Tasikmalaya sampai dengan Cilacap.

“Kita masuk ke selatan Jawa, karena wilayah utara sudah tersambung (Tol Trans Jawa),” kata Adrian.

Reporter : RM
Editor : Mustika

Komentar

News Feed