GARUT, KABARNUSANTARA.ID. – Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Indonesia memiliki jumlah populasi sebanyak 260 juta orang, akan tetapi jumlah technopreneur di Indonesia masih sangat minim. Diambil dari sumber data bahwa hanya terdapat 1.56% technopreneur dari total keseluruhan populasi masyarakat Indonesia, dan kini menjadi momen yang paling tepat untuk bertumbuh pesat, dikarenakan masyarakat dipaksa menggunakan teknologi.

Generasi muda diharapkan dapat diandalkan untuk memberikan kontribusi terbesar untuk menjadi penggerak ekononomi, salah satunya melalui pertumbuhan startup digital sehingga kelompok ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan peluang ekonomi digital. Latar belakang ini lah yang menjadikan Erendi Digital Labs, perusahaan yang bergerak di bidang riset dan pengembangan teknologi, menggagas program startup inkubator online “Menjadi Nyata”, dan membuat perusahaan investasi yang berkonsentrasi pada investasi di UKM dan startup di Indonesia, ModalSaham, tertarik untuk bergabung dalam program tersebut.

“Untuk mendorong dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor technopreneur, maka Menjadi Nyata hadir memberikan gebrakan nasional, yakni mengajak semua pihak mengambil peranan, untuk berkontribusi mendorong komunitas, penggerak ekonomi, ecosystem builder, dan inkubator agar dapat lebih banyak mendukung wirausahawan terfasilitasi, khususnya di bidang teknologi”, ungkap Muhammad Reza Alkhawarismi, CEO ModalSaham.

Pada tanggal 17 Juni 2020 – 17 September 2020, Menjadi Nyata melakukan road show virtual, berupa webinar, “Menjadi Nyata Talks”, di 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang, Mataram, Padang, Semarang, Sumedang, Bogor, Bandung, Bekasi, dan Garut. Menjadi Nyata bekerjasama dengan kampus-kampus yang berada kota-kota tersebut untuk mengadakan diskusi panel dengan tujuan menginspirasi, mengedukasi, memberdayakan individu, komunitas lokal, serta masyarakat untuk belajar membuat startup, dan menciptakan solusi bagi sekitar. Program ini juga disponsori oleh Alkhawarismi Accounting & Tax, Blue Power Technology, BPR Lestari, CloudKilat, DiliputMedia, Fortinet, Lusavindra Jayamadya, Sapta Tunas Teknologi, dan DiliputMedia, serta didukung oleh komunitas dan partner seperti Impactpreneur, V-New, dan Zendz.

Tujuan utama program ini adalah mendukung founder dalam mematangkan konsep hingga menjadikannya sebuah produk atau MVP, dengan mentor yang berkualitas dan materi yang sesuai dengan kebutuhan para founder. “Menjadi Nyata akan memberikan fasilitas 3M, yaitu Money, Mentoring, dan Market Access untuk 5 startup terbaik yang kami piliih dari para pendaftar inkubator. Money yang kami berikan bersifat hibah dengan total 100 juta Rupiah untuk membantu mewujudkan ide mereka, sehingga pada akhir program harapannya mereka dapat meluncurkan sebuah startup yang berguna bagi masyarakat”, tutup Reza, yang juga dipercaya sebagai VP Menjadi Nyata.