KABARNUSANTARA.ID – Otoritas pemerintahan Rusia mencetak rekor baru dengan melaporkan lebih dari 12.000 kasus positif Covid-19 dalam sehari. Otoritas ibu kota Moskow mempertimbangkan untuk menutup bar dan club malam demi menghentikan penyebaran Covid-19.

Seperti yang dilansir Reuters, Jumat (9/10/2020), otoritas Rusia melaporkan ada total kasus Covid-19 sebanyak 12.126 kasus dalam 24 jam terakhir. Angka tersebut mencetak rekor sebagai tambahan kasus harian tertinggi sejak pandemi Covid-19 merebak di negara ini.

Total 1.265.238 kasus Covid-19 kini terkonfirmasi di wilayah Rusia. Otoritas Rusia juga melaporkan bahwa ada 201 kematian dalam 24 jam terakhir, sehingga total kematian akibat Covid-19 di Rusia kini mencapai 22.257 orang.

Diketahui bahwa sebelumnya rekor tertinggi untuk tambahan kasus harian dicapai pada 11 Mei, dengan jumlah 11.656 kasus tercatat dalam sehari saat lockdown ketat masih diterapkan di sebagian besar wilayah Rusia.

Otoritas Rusia menghimbau warganya untuk tetap berada di rumah pada akhir pekan. Namun saat ini tidak ada lockdown yang diberlakukan dan Kremlin menyatakan tidak ada rencana untuk menerapkannya kembali untuk saat ini.

Sementara itu, kantor Wali Kota di Moskow tengah mempertimbangkan untuk menutup bar, club malam dan bar karaoke demi mengendalikan penyebaran Covid-19. Namun untuk restoran akan tetap diperbolehkan buka.

“Kita harus setidaknya agak mengurangi jumlah orang di kota, jika tidak, kita mungkin akan sampai pada pembatasan ketat seperti yang kita lakukan saat musim semi,” ungkap seorang sumber pada kantor Wali Kota Moskow, seperti yang dikutip media lokal RBC.

Otoritas Moskow juga menyarankan warganya yang berusia 65 tahun ke atas untuk melakukan isolasi mandiri dan telah memberitahu pusat-pusat bisnis bahwa setidaknya sepertiga staf mereka harus bekerja dari jarak jauh.

Sumber lain : detik.com