BANDUNG|KABARNUSANTARA. ID – Rute Tol Cigatas (Cileunyi, Garut, Tasikmalaya) kembali akan diubah. Rute Cigatas yang semula melewati Limbangan, Cibatu, Gentong, diubah melewati Garut Selatan. Terakhir, rute ke Garut direview kembali sehingga akan melewati Garut Kota.

Rencana rute Tol Cigatas melewati Garut Kota, diungkapkan Direktur PT Jasa Sarana, Dyah SH Wahjusari. PT Jasa Sarana adalah BUMD milik Pemprov Jabar yang menjadi salah satu investor dalam proyek Tol Cigatas.

Baca juga:

Ridwan Kamil Sebut Proyek Tol Cigatas Segera Dilelang

Menurut Dyah, review rute Tol Cigatas ke arah Garut akan dilakukan sesuai dengan permintaan Kementerian PUPR.

“Kementerian PUPR meminta agar pembangunan tol ke arah ke Garut ditelaah ulang,” katanya seperti dirilis Antara Selasa 16 Juli 2019 lalu.

Dengan adanya telaah ulang atas arah Garut, lanjutnya, maka tender tol yang kini masih populer dengan nama Tol Cigatas ini, dipastikan mundur. Dyah memperkirakan tender bisa dilakukan sekitar akhir 2019, kemudian pengerjaan fisik dilakukan tahun 2020.

Baca juga:

Bupati Tasik dan Wagub Jabar Bicara Soal Cigatas

Dyah menegaskan, dengan mengambil rute ke tengah, maka tol nantinya akan langsung melewati Pusat Kota Garut walaupun dari segi kondisi geografis berat, termasuk menambah panjang ruas tol.(*)

Reporter: RM
Editor: Mustika