Samsung Gaet AMD dan ARM Untuk Saingi Qualcomm

0
56

TEKNOLOGI, KABARNUSANTARA.ID – AMD dan ARM dikabarkan akan berkolaborasi dengan Samsung untuk membuat CPU custom untuk lini prosesor Exynos-nya Samsung.

Bentuk kolaborasi ini diharapkan bisa membantu Exynos utuk bersaing dengan Qualcomm, dan kabarnya chip hasil kolaborasi itu bakal menjadi otak di Galaxy S30, demikian dikutip detikINET dari Gizmochina, Kamis (13/8/20).

Menurut laporan yang ada, saat ini Samsung sudah memproduksi CPU custom tersebut dengan bantuan dari AMD dan ARM, yang artinya system on a chip (SoC) Exynos generasi selanjutnya bakal mempunyai peningkatan performa yang signifikan.

Hal ini tampaknya benar-benar dibutuhkan oleh Samsung untuk mencegah dominasi Qualcomm, setelah Huawei tak lagi bisa mengembangkan prosesor Kirin, Samsung kini satu-satunya pembuat ponsel Android yang mempunyai prosesor custom.

Seperti diketahui, SoC Exynos 990 — saat ini SoC Samsung paling kencang — tak bisa dibilang sejajar dalam hal performa dengan Snapdragon 865 ataupun 865+, karena hal itulah bantuan AMD dan ARM diharapkan bisa meningkatkan performa SoC Exynos selanjutnya.

Samsung sebelumnya sudah bekerja sama dengan ARM untuk membuat CPU berbasis core Cortex-X yang dipamerkan pada awal 2020 lalu, dan menjanjikan performa 30% lebih kencang dibanding Cortex-A77.

Jadi tampaknya, kolaborasi Samsung dengan ARM ditujukan untuk menggenjot performa CPU, sementara kerja samanya dengan AMD — pemilik dan pembuat chip grafis Radeon — ditujukan untuk meningkatkan performa grafis di SoC tersebut.

Sejauh ini memang Qualcomm masih unggul dalam hal chip grafis mobile, yaitu dengan chip Adreno-nya. Dengan bantuan AMD, diharapkan Samsung bisa meningkatkan performa grafis di SoC Exynos dan bisa bersaing dengan Qualcomm.