Satgas Anti Kasbon di Garut, Jadi Perbincangan Netizen

0
268

GARUT|KABARNUSANTARA.ID Ide unik dimunculkan sejumlah mahasiswa di Kabupaten Garut. Mereka membentuk tim yang diberi amanah Satgas Anti Kasbon untuk melindungi para pedagang kecil dari kerugian akibat pembeli yang mengutang.

Tim itu dibentuk mahasiswa Universitas Garut yang tengah melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di kawasan Desa Cintaasih, Kecamatan Samarang.

Sait Ramdani, salah seorang mahasiswa yang terlibat mengatakan, pembentukan Satgas Anti Kasbon bertujuan untuk melindungi para pedagang dari kerugian akibat pembeli yang mengutang.

“Kita bukan melarang kasbon, tapi lebih menyadarkan pemilik warung untuk lebih teliti dalam mencatat utang para pembeli agar terhindar dari kerugian,” ujar Sait kepada detikcom, Minggu (03/02/2019).

Mahasiswa membantu para pedagang, pemilik warung dan toko kelontongan dengan cara melakukan penyuluhan pembukuan sederhana. Para pemilik warung diajarkan untuk mencatat semua uang-barang yang masuk dan keluar dengan baik.

Dalam aksinya, mereka berkeliling dari warung ke warung di kawasan Desa Cintaasih. Nama Satgas Anti Kasbon sendiri terinspirasi dari fenomena tim satgas yang belakangan kerap dibentuk seperti Satgas Anti Mafia Bola.

“Nama itu (Satgas Anti Kasbon) agar menarik saja. Biar masyarakat tertarik dulu, kemudian mau melaksanakan apa yang kita sosialisasikan. Karena tujuannya untuk menghindarkan mereka dari kerugian akibat utang yang tidak dicatat baik,” ujarnya.

Tim bentukan mahasiswa ini menjadi terkenal setelah menjadi perbincangan di media sosial. Sejumlah pemilik akun Instagram mengunggah postingan tentang tim Satgas Anti Kasbon.

Salah satunya akun @indozone.id, tiga hari yang lalu, mereka mengunggah foto tim Satgas Anti Kasbon yang tengah beraksi. Unggahan itu disukai lebih dari 16 ribu warganet dan mengundang beragam komentar.

“Cocok niiih buat yg jualan pulsa di sekolah atau kampus, biar yg beli gak bisa ngutang, “isiin dulu, besok gw bayar”, paket satgas anti ngutang cocok,” ujar pemilik akun @ukiebagoes dalam kolom komentar unggahan @indozone.id.
(Rd/Koresponden)