KABARNUSANTARA.ID – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memaparkan angka perkembangan kasus positif Covid -19 pada 10 provinsi prioritas. Dalam satu pekan terakhir, sebanyak enam provinsi yang mengalami penurunan kasus dan empat provinsi masih harus berjuang untuk menekan penyebaran Covid-19.

Penurunan kasus ini terhitung pada pekan terakhir dengan pekan sebelumnya, yakni perbandingan jumlah kasus pada 21-27 September dan 28 September-04 Oktober 2020.

Keenam provinsi yang berhasil menekankan penyebaran virus Corona\Covid-19, secara berurutan yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan DKI Jakarta. Sementara itu, 4 provinsi yang masih mengalami penambahan kasus mingguan yaitu Provinsi Aceh, Bali, Papua, dan Jawa Tengah.

Anggota Tim Pakar Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah memaparkan, provinsi Sulawesi Selatan mengalami penurunan kasus tertinggi sehingga 30,1%. Selanjutnya di urutan kedua, ada Provinsi Jawa Barat yang mengalami penurunan kasus hingga 28,5%. Disusul oleh Kalimantan Selatan yang turun hingga 8,1%. Selisih 0,1 dengan Jawa Timur, yakni 8%.

“Selanjutnya, Sumatera Utara turun 3,9%. Nah kita fokus, dimana penyebarannya. Kalau di Sumatra utara ternyata 50% kasusnya berasal dari Kota Medan.” ujar Dewi

Selanjutnya, provinsi DKI Jakarta hanya mengalami penurunan kasus hingga 0,8%. Dewi mengimbau masyarakat agar tidak hanya melihat tren penurunan kasus pekan ini saja, namun perlu juga melihat pekan-pekan sebelumnya. Menurutnya, DKI Jakarta sudah cukup berhasil dalam menangani penyebaran Covid-19. Pasalnya, lanjut Dewi, selama enam bulan ini selalu mengalami kenaikan kasus setiap minggunya.

“Jangan hanya lihat tren penurunan kasus minggu ini saja. Meskipun Jakarta hanya turun 0,8 persen, tapi lihat minggu-minggu sebelumnya, kurvanya naik terus. Jadi ini sudah cukup baik,” tuturnya.

Meski begitu, ia harus mengakui bahwa masih ada empat provinsi yang masih mengalami kenaikan kasus. Provinsi Aceh mengalami kenaikan tertinggi, yakni hingga 12,2%, Disusul Bali 6,3%, Papua 2,3% dan Jawa Tengah 1,3%.

“Di Aceh sempat turun kasusnya pada 2 minggu pertama di bulan September, namun 2 minggu terakhir memang mengalami kenaikan. Bali juga biasanya trennya turun, ini mengalami kenaikan sedikit,” katanya.

Sumber lain : merdeka.com