GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Garut, Jawa Barat bantu warga terdampak panjir bandang wilayah Garut Selatan, bantuan tersebut langsung disampaikan partai berlambang padi kapas itu berupa peralatan dapur dan paket sembako.

“Hari ini kami bergerak untuk menyerahkan bantuan, kami juga membentuk tim relawan partai yang terus bergerak dan membantu masyarakat di lokasi, seperti menyediakan makan siang bagi korban banjir, memberikan peralatan dapur agar warga terdampak bisa mulai menata kembali kehidupannya mulai dari memasak pangan yang dimiliki sendiri,” ujar Ir. Wawan Kurnia Ketua DPD PKS Garut kamis (15/10/20) sore.

Bencana banjir dan longsor di Wilayah Selatan Garut ini akibat dari derasnya air luapan Sungai, Cipalebuh, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

“Di wilayah kampung Sukapura dan Kampung Leuwisimar, Desa Mandalakasih, Kec Pameungpeuk ini ada 35 orang Kepala Keluarga dan 25 rumah dengan kondisi 10 rumah rusak sedang, 14 rumah rusak ringan, 1 rumah rusak ringan,” ujarnya.

Selain itu Wawan juga menceritakan hujan deras yang terjadi dengan intensitas sedang hingga deras dari pukul 23.00 – 09.00 waktu setempat yang mengakibatkan meningkatnya debit air sehingga pada pukul 04.30 waktu setempat air meluap kepemukiman warga dengan ketinggian air rata-rata 1,5 m di area bibir sungai.

“Relawan melakukan assement terdapat beberapa kebutuha yang mendesak, seperti makanan Instant, Air Mineral, Alat kebersihan, spon, lap pel, arco, sekup, sepatu bot, sarung tangan karet, selang 50 m, mesin stim 2 set, sapu lidi, pembersih lantai, peralatan mandi, peralatan tidur, tikar spon, kasur lantai, selimut, dapur umum atau posko,” jelasnya.

Setelah assement di lakukan oleh Relawan, PKS sepakat untuk melaksanakan baksos pembagian baju layak pakai, plp, dan sembako bahan makan yang bisa di masak langsung, membuat dapur umum bersama warga dan Relawan PKS.