GARUT|KABARNUSANTARA.ID Bertajuk “Pemilih Berdaulat Negara Kuat”, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut menggelar acara KPU RUN 2019 yang dipusatkan di Lapangan SOR Ciateul Jl. Proklamasi, Tarogong Kidul, Garut, Minggu (7/4/2019)

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta dari berbagai wilayah di Kabupaten Garut ini, bertujuan untuk lebih menyosialisasikan Pemilu 2019 dan mendongkrak angka partisipasi pemilih.

Kegiatan KPU RUN 2019, selain diisi jalan sehat juga diisi acara hiburan yang dimeriahkan oleh artis dan musisi lokal hingga ibukota. Jalan sehat yang dilaksanakan sekitar pukul 08.30 WIB, menjadi kegiatan pembuka dengan rute mengelilingi lapangan SOR Ciateul.

Di sela-sela kegiatan, panitia juga sempat menjelaskan kepada peserta tentang jenis-jenis surat suara, dari mulai surat suara Pileg DPRD Kabupaten, Propvinsi, DPRD RI, DPD hingga surat suara untuk capres/cawapres. Dalam kesempatan itu, diperagakan pula tata cara memilih atau mencoblos yang benar.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidi Basri, S.Ag., M.Pd, menyatakan, pihaknya sengaja menggelar berbagai event yang merangkul masyarakat. Tujuannya, agar sosialisasi lebih efektif dan sampai kepada sasaran sehingga angka partisipasi pemilih pada tanggal 17 April mendatang terdongkrak.

Baca juga :

Biaya Pemilu 2019 Rp 25 Triliun, Jokowi: Jadi Jangan Ada yang Golput

Bawaslu Jabar Proses Indikasi Kepala Daerah Langgar Kampanye

“Dengan kegiatan seperti ini kan masyarakat jadi antusias, apalagi ada hadiah-hadiah menarik, seperti kulkas, tv, dan berbagai alat rumah tangga. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menekan angka Golput pada Pemilu 2019,” ujarnya di tempat acara.

Junaidi mengajak masyarakat agar pada tanggal 17 April nanti datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

“Tadi juga kan diterangkan bagaimana tata cara memilih dan apa saja surat suara yang diberikan, jadi masyarakat tidak bingung lagi,” jelas Junaidi.

Reporter : Ihsan Gatot
Editor: Mustika