KABAR NUSNATARA – Kuliner Garut, Kuliner bakso tahu, memang selalu di identikan dengan kuliner yang terbuat dari campuran ikan terigu dan tepung kanji, namun beda halnya dengan bakso tahu yang di jual di Kabupaten Garut, Jawa Barat, bakso tahu yang mangkal di pinggir Jalan Pramuka depan ruko IBC itu, memiliki sajian menu juara, bakso tahu domba ( Bastadom).

Pangakalan Bastadom di depan Ruko IBC Garut

Bastadom yang di pasarkan mengunakan Mobil Jenis Bak ST 20 Itu, menjajalkan menu bakso tahu domba sebagai menu utamanya yang di jualnya, Agus Ruhiat atau biasa di sapa Agus Ilen pemilik usaha bastadom mengatakan inovasi membuat bakso domba karena berkaitan dengan Budaya Garut, Selasa (10/07/2018) pagi.

“Garut ini kan terkenal dengan ketangkasna dombanya, maka saya membuat bakso tahu domba sebagai identitas budaya garut dalam bentuk kuliner,”Ujar Agus saat berjualan.

Agus Ilen dan Anaknya saat menyiapkan bakso tahu pesanan pelanggannya

Agus mengaku penyesuaian menu bakso tahu berbahan baku ikan dengan bakso tahu daging domba itu berjalan sejak lama dan sudah mendapat tempat di lidah pelanggannya.

“Sekarang sudah bayak yang tau, sudah mulai terbiasa dengan baso tahu domba, tapi walaupun begitu saya disini, tetap menjual bakso tahu ikan sebagai identitas awal bakso tahu,”Jelas Agus.

Sudah sekira sembilan tahun agus berjualan kini omsetnya mencapai Rp.1,5 Juta per hari yang buka mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

(ESR/red)