GARUT|KN – Syubhanallah, hari Jumat yang bergelar Sayyidul Ayyam ini, ternyata banyak keutamaannya. Sayyidul Ayyam sendiri artinya hari yang lebih utama dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Ada juga yang mengartikan Sayyidul Ayyam sebagai rajanya atau tuannya hari.

Kata Jumat berasal dari Bahasa Arab – Jumu’ah – yang berarti berkumpul, karena pada hari itu semua orang Islam yang laki-laki akan berkumpul ketika shalat Jumat.

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa keutamaan tentang hari Jumat, lima di antaranya sangat menakjubkan:

Baca :Hujan, Antara Berkah Dan Rasa Cemas

Video Deklarasi Pemilu Damai

1.Hari penciptaan Adam

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabada: “Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.

2.Terdapat waktu mustajab untuk berdoa

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih).

Ibnu Qayyim Al Jauziah setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan: “Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi,” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Sedekah pada hari Jumat sangat utama

Sedekah pada hari Jumat lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya.
Ibnu Qayyim berkata: “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.” Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya,” (Mauquf Shahih).

4. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat,” (HR. Bukhari).

5. Satu langkah ke masjid berpahala satu tahun shalat

Orang yang berjalan untuk shalat Jumat akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya setara dengan pahala ibadah satu tahun shalat dan puasa.

Untuk merengkuh pahala yang lengkap dari lima keutamaan hari Jumat tersebut, Nabi Muhammad SAW memerintahkan agar para sahabat memperbanyak membaca shalawat.

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i) (rm, dari berbagai sumber)