oleh

Tangkuban Perahu Erupsi Minat Investasi Masih Aman

BANDUNG|KABARNUSANTARA.ID – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) buka suara terkait minat investor terhadap Indonesia pasca erupsi Gunung Tangkuban Perahu yang belum lama ini terjadi.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani mengatakan, erupsi yang terjadi pada Gunung Tangkuban Perahu tidak membuat investor lari dari Indonesia dalam kegiatan investasi.

Baca juga : Erupsi Gunung Tangkuban Perahu Berdampak Hingga Bandung Barat dan Subang

“Nggak ada pengaruh sama sekali,” tegas Hariyadi saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang berada di wilayah lingkaran api alias ring of fire. Hariyadi menjelaskan, para investor telah mengetahui mengenai risiko dari seluruh gunung berapi yang ada di Indonesia.

Baca juga : Mobil Pickup Terjungkal, Puluhan Tabung Gas Tumpah ke Jalan

Hanya saja, potensi letupannya tidak sebesar pada saat kejadian Gunung Kraktau ratusan tahun yang lalu.

“Tapi kalau dari segi perhitungan investasi dan sebagainya dipandang itu masih dalam toleransi yang tidak berbahaya,” kata dia.

Apalagi, lanjut Hariyadi, setiap investor yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia pun akan dibekali data sejarah bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Oleh karena itu, Hariyadi memastikan bahwa iklim investasi di Indonesia akan tetap berjalan dengan baik meskipun sudah terjadi erupsi Gunung Tangkuban Perahu.

“Mereka (investor) melihat dari risiko historical datanya seperti apa. Seperti Jepang saja, setiap hari gempa tapi nggak ganggu investasi,” ungkap dia.
Reporter : ESR
Editor : Mustika

Komentar

News Feed