Tekan Angka Paparan Kasus Covid-19, Pemkab Garut Resmikan Laboratorium PCR

0
193

GARUT,KABARNUSANTARA.ID – Bupati Garut Rudy Gunawan meresmikan dioperasikannya Labilatorium PCR (Swab) di Rumah Sakit Dr Slamet Garut, Senin (15/6/2020).

Peresmian laboratorium PCR ini ditandai dengan ikut diperiksa swab dari Bupati Garut Rudy Gunawan.

Alat diteksi Corona ini sengaja didatangkan dari Amerika untuk membantu pemerintah kabupaten Garut dalam upaya percepatan pencegahan Covid – 19 di kabupaten Garut.

Rudy mengatakan, dengan beroperasinya alat ini Pemkab Garut tidak perlu menunggu lama hasil sample Swab yang biasanya dilakukan di Bandung atau Jakarta.

”Dengan dioperasikannya Labolatorium PCR ini, kami bisa mendapatkan hasil Sample Swab hari ini juga, tidak seperti sebelumnya harus menunggu satu atau dua Minggu untuk menentukan hasil Positif atau Negatif Covid – 19″ kata Bupati Garut.

Sambungnya, dengan adanya alat ini, bagi kasus ODP dan PDP yang melaksanakan test PCR tidak dikenakan biaya. Pemkab Garut telah menyediakan anggaran untuk pemeriksaan test Swab yang terbilang cukup lumayan mahal untuk sekali Test PCR atau Swab.

”Sekali Swab itu bisa menghabiskan anggaran Rp. 700 Ribu, namun Pemkab Garut telah menganggarkan bagi masyarakat dalam upaya pencegahan Covid – 19, maka seluruh biayanya kami gratiskan” pungkasnya. (*)

Reporter : MD Sumarna

Editor : Ade Indra