Tender Lebih Awal Siap Digelar Biro Pengadaan Barang dan Jasa Jabar

BANDUNG|KABARNUSANTARA.ID – Berdasarkan kesiapan dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jabar, tender fisik APBD 2020 lebih awal.

Menurut Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jabar Ika Mardiah mengatakan bahwa tender tersebut bisa dilakukan sebelum tahun berjalan sesuai Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Sebelum ditetapkannya Perda APBD 2020 bisa dilaksanakan tender. Kontrak ditandatangani setelah Perda APBD ditetapkan. Jadi Januari [2020] sudah bisa pelaksanaan pekerjaan,” Ujarnya, Senin (30/9/2019).

Menurut ia tender yang bisa digelar lebih awal adalah pekerjaan yang butuh waktu pelaksanaan dan penyelesaian lebih dari 10 bulan harus disegerakan tendernya. “Dari sisi kami siap untuk pelaksanaan tender lebih awal,” jelasnya.

Namun Ika memastikan kesiapan pihaknya harus ditunjang oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki pekerjaan. “Nah Perangkat daerah harus sudah siap juga dengan dokumen persiapan pemilihannya (KAK, HPS dan Rancangan Kontrak),” jelasnya.

Bahkan menurut ika di Perpres 16/2018 kini istilahnya bukan lagi lelang tapi tender untuk pekerjaan konstruksi, pengadaan barang, dan jasa lainnya. “Sedangkan untuk pekerjaan konsultansi disebut seleksi. Ini supaya publik dibiasakan dengan istilah baru,” tukasnya.

Sumber : Bisnis.com

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Tinggalkan Balasan