JAKARTA | KABARNUSANTARA.ID  Memiliki bekas luka yang tak kunjung sembuh tentu saja akan mengganggu Anda, bukan? Meski keberadaannya tidak diharapkan karena sering kali menimbulkan rasa gatal dan merusak estetika, sejatinya bekas luka berfungsi untuk mencegah darah dan cairan keluar dari area yang terluka. Selain itu, keberadaannya juga mampu melindungi luka dari paparan kuman, bakteri, dan kotoran lain yang beterbangan di udara. Untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat, cobalah mengoleskan vaselin, madu, minyak alami, serta bahan makanan seperti bawang bombai dan bawang putih ke area yang terluka. Tunggu apa lagi? Pilih salah satu metode di bawah ini untuk menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka dengan cepat!

  1. Kompres bekas luka dengan bantalan hangat, Kompres bekas luka dengan bantalan hangat. Melakukannya ampuh menjaga kelembapan di area yang terluka dan mempercepat proses pemulihannya. Untuk itu, cobalah membasahi kain atau handuk kecil dengan air hangat, lalu letakkan di area yang terluka selama 5-10 menit. Ulangi proses tersebut beberapa kali sepanjang hari untuk menjaga kelembapan luka.
  2. Rendam bekas luka di larutan air garam, Tahukah Anda bahwa garam epsom ampuh menyembuhkan luka dengan cepat serta mengurangi rasa sakit di area yang terluka? Untuk menerapkan metode ini, cobalah mengisi ember atau bak mandi dengan campuran air hangat dan 75 gram garam epsom. Setelah itu, rendam bagian tubuh yang terluka di dalam campuran tersebut selama satu jam, lalu keringkan dengan baik.
  3.  Tutup luka dengan plester anti lengket untuk menjaga kebersihannya, Jangan lupa mengoleskan vaselin ke bagian dalam plester untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka, selamat mencoba.

 

Reporter : Bunga CAP

Sumber : https://id.wikihow.com

  •