BANDUNG, KABARNUSANTARA.ID – Saat ini DR Abdy Yuhana S.H,.MH anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDIP telah berjuang mengusulkan secara resmi tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Sukabumi Utara, dan Kabupaten Bogor Barat kepada Pemerintah Pusat.

Bahkan Abdy Yuhana saat dihubungi tim kabarnusantara.id baru-baru ini melalui pesan instan whatsapp mengatakan bahwa, akan menemui kepala daerah di tiga wilayah tersebut dalam agenda pembahasan pemekaran daerah.

“Sudah dilakukan pembahasan di DPRD melalui Komisi 1, berdialog dengan 3 pemerintah daerah tersebut, melakukan pendalaman dan pembahasan dengan pakar pemerintahan dari Unpad dan IPDN,” jelas Abdy belum lama ini kepada redaksi Kabarnusantara.id .

Selain itu ia menjelaskan bahwa Provinsi Jawa Barat secara geografis maupun demografis memiliki wilayah yang sangat luas. Dengan total jumlah penduduk di satu kabupaten di Jabar hampir sama dengan penduduk di satu provinsi di luar Pulau Jawa.

“Salah satunya, di Kabupaten Bogor yang berpenduduk sekitar 5 juta jiwa, kalau dibandingkan dengan Bali atau NTT, paling sekitar 3 juta jiwa,” paparnya.

Tak hanya itu Abdy mengungkapkan, jumlah kecamatan dalam satu kabupaten sangat banyak, seperti di Kabupaten Sukabumi yang mempunyai 47 kecamatan, Kabupaten Garut 42 Kecamatan.

Hal tersebut menurut Abdy Jika dibandingkan dengan Jawa Timur total penduduk 38,85 juta jiwa serta memiliki 38 kabupaten/kota, Jawa Tengah memiliki total penduduk 34,71 juta jiwa serta memiliki 35 kabupaten/kota.

Dengan pertimbangan tersebut, maka dipandang perlu jika dilakukan pemekaran daerah atau DOB bagi Provinsi Jabar.