GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Dari Polda Jabar tim Sapu Bersih (Saber) Pungli dikabarkan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kali ini di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Garut.

Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut tim saber pungli mengamankan sedikitnya tiga orang pegawai Disdukcapil Garut. Mereka diantaranya Kepala Seksi Identitas, IL, dua orang staf yakni AR dan EN. OTT tersebut terjadi pada Rabu (12/09/18) sekitar pukuk 15.00 WIB.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Cipil Garut, Rina Siti Syabariah, membantah keras adanya OTT di Disdukcapil.

“Bukan OTT, melainkan tim saber Polda Jabar memanggil tiga orang pegawai untuk dimintai keterangan terkait adanya pungutan liar yang dilakukan oleh para calo,” ucap Rina, Rabu (12/09/18) saat di konfirmasi melalui sambungan telpon.

Tambah Rina, tim saber pungli Polda Jabar, terlebih dahulu sudah melakukan penangkapan terhadap para calo yang kerap beroperasi di Disdukcapil. Tim Polda hanya untuk mengklarifikasi dan mengkonfortir pernyataan yang di ucapkan para calo.

“Saya tegaskan bukan OTT, tetapi memanggil. Lantaran para calo yang terlebih dahulu di tangkap menyebut nama-nama pegawai kami. Sehingga diperlukan untuk klarifikasi,” tegasnya.

Rina juga mengaku dan meyakini, ketiga pegawai yang sudah di panggil tidak akan terlibat kasus Pungli. Soalnya, sudah sering di ingatkan untuk tidak melakukan hal tersebut.

Ketika didesak apakah diamankan di Polda Jabar, Rina, menyebutkan pihaknya belum tahu persis di Polda atau dimana-mananya. Soalnya, saat kejadian tidak ada di tempat, sedang berada di Semarang mengikuti kegiatan Rakornas.

(Akbar/ESR)