GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman meresmian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kertaraharja. Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (25/02/2020).

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Garut dr. helmi Budiman,Camat Cibatu Drs Sardiman Tanjung, Kapolsek Cibatu Akp Dudi Tisna Irawan, Danramil Cibatu Yang diwakili Ading, Kepala Upt Sekecamatan Cibatu, Kepala Desa Sekecamatan Cibatu, dan tamu undangan lainya.

Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman dalam sambutanya mengatakan, penyambutannya sangat luar biasa, meriah dan membuat dirinya senang.

Desa Wanakerta lanjut Helmi, patut menjadi teladan, Pembagunan Kantor Desa Wanakerta bergaya Yunani. Ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

”Salah satunya kami dengar pemerintah Desa Membagun Septixtank komunal yang di danai dari dana desa, Kalau Pemda membagun saptixtank komunal itu biasa, kalau dibagun oleh pemerintah Desa Itu luar biasa,” kata Helmi.

Helmi menambahkan, SDM pemerintah Desa yang cukup baik bisa melahirkan proses perencanaan pembangunan yang baik, salah satunya di Wanakerta Perencanaan pembagunan dalam meningkatkan IPM melalui PKBM sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Garut.

PKBM dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan IPM.Kunci kehidupan Bangsa salah satunya adalah Pendidikan.

Berdasarkan informasi, PKBM Kertaraharja Desa Wanakerta tahun ini, 50 orang mengikuti kerjar Paket B dan 26 Mengikuti kejar paket C.

Sementara itu Camat Cibatu, Sardiman Tanjung dalam sambutannya mengatakan, Keberadaan PKBM salah satunya untuk meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia.

Hal ni sejalan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “PKBM akan bisa bersinergi dengan Program program Pemerintah, baik Program Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten ataupun program Pemerintah Desa,” tukasnya. (*)

Reporter : MD Sumarna

Editor : Slamet Timur