GARUT|KABARNUSANTARA.IDSalah satu cara sebagian orang melampiaskan rasa lelah dan bosan dengan rutinitas adalah berwisata ke tempat yang baru. Menjelajahi keindahan serta keunikan suatu tempat, dan tentunya membuat hidup kita lebih indah dan menarik untuk dijalani. Maka tak heran bila banyak dari kita yang menyempatkan diri untuk berwisata ke tempat-tempat yang alami dan indah. Namun seringkali seseorang justru menjadi korban penipuan maupun tindak kejahatan lain saat sedang pergi berwisata.

Baca Juga: GIS Prima Insani Kirim Lima Siswa Ikuti Pencak Silat Paku Bumi Open

Berikut beberapa tips berwisata yang menyenangkan dan aman bisa Sahabat manfaatkan:

1. Tentukan Tujuan Wisata

Sebelum pergi berwisata, anda tentu harus menentukan kemana tujuan anda. Untuk memastikan bahwa tempat yang anda ingin kunjungi itu cocok anda bisa survei melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur. Selain melakukan survei anda bisa menghitung budged yang anda butuhkan untuk berwisata ke tempat tujuan.

2. Tentukan Alat Transportasi.

Jika sudah menentukan tujuan, maka kita pikirkan alat transportasi apa yang akan kita gunakan. Anda bisa dengan menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api atau alat transportasi lainnya. Tetapi jika  harus menggunakan pesawat maka carilah pesawat yang langsung menuju tempat tujuan.

3. Catatlah Pengeluaran Selama Berwisata

Jangan pernah lupa untuk mencatat setiap pengeluaran saat akan pergi berwisata walaupun itu sekecil apapun. Hal ini akan membantu anda untuk mengatur kemana saja uang akan mengalir. Dengan mengetahui itu semua, anda bisa menekan kemungkinan untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

Baca Juga: Getih Getah Dibongkar, Bundaran HI kini Punya ‘Instalasi Gabion’

4. Jangan terlalu Paranoid

Meski anda sedang berjalan ke lokasi yang pertama kali anda kunjungi dan tidak tahu bagaimana lokasinya, carilah informasi yang dapat anda peroleh sebelum mengunjungi lokasi wisata, lalu jangan perlihatkan ketakutan anda ketika di tempat wisata. Sekalipun anda jakut, jangan perlihatkan.

5. Bawa Alat Pelindung Diri

Bawa alat pelindung diri seperti pisau lipat atau Pepper Spray saat Berwisata. Hal ini bisa jadi berguna jika anda dalam keadaan terdesak dan rawan menjadi korban tindak kejahatan. Jangan lupa untuk meletakkan benda-benda tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

6. Bawa Uang Tunai

Bawalah selalu uang tunai saat berwisata. Tentu bukan untuk berfoya-foya, tapi untuk mengatur pengeluaran anda selama berwisata. Dengan itu anda bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang. Bawalah uang secukupnya saja, namun tetap bawa debit dan kartu kredit.

Baca Juga: Pembentukan Provinsi Bogor Raya, Bekasi dan Depok Menolak Gabung

Penulis: M Reza