Transportasi Jadi Aspek Penting Pulihkan Ekonomi Masyarakat Di Masa Pandemi

0
75

JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Dimasa pandemi ini, sektor transportasi harus terus dijalankan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, walau sejumlah pembatasan harus tetap dilakukan.

Terlebih saat masa pandemi ini, perekonomian sedang terkena dampak yang sangat besar, transportasi sebagai salah satu aspek yang sangat penting harus terus berjalan, mengantarkan masyarakat untuk bisa memulihkan kembali situasi sulit yang sedang di  hadapi bersama.

“Transportasi menjadi penting, roda kehidupan harus berputar, transportasi sebagai infrastruktur, sebagai urat nadi dari pemulihan atau fasilitas bagi semua kalangan, logistik, pariwisata, kegiatan keseharian untuk bekerja. semua dilakukan oleh transportasi,” kata ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (11/8/2020) dalam Webinar Transportasi untuk Merajut Keberagaman Eps 1 Moda Kereta Api.

“Oleh karena itu harus kita tingkatkan, kereta api jadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam aktivitas rakyat,” papar Budi.

Pengembangan transportasi ini ditargetkan bisa memberikan dukungan bagi seluruh masyarakat, dalam satu tempat, masyarakat disatukan dalam satu kepentingan, bergerak untuk menafkahi keluarga dan menjadi mata rantai perkembangan ekonomi.

Tetapi, saat pandemi ini, akses transportasi terpaksa harus tetap dibatasi. “Satu hari KRL lebih dari satu juta dan itu menjadi satu kebutuhan yg luar biasa terus meningkat, ditambah MRT melampaui lebih dari 100 ribu. ditambah nanti dengan LRT,” kata Budi.

“Di masa pandemi ini kita tidak bisa membiarkan mereka saling berdekatan, sehingga kita batasi dengan 400.000,” tambahnya.

Transportasi ini telah menjadi salah satu kebutuhan vital di masyarakat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, selain itu juga menjadi wadah pemersatu masyarakat dari masing-masing latar belakang yang berbeda.

“Transportasi berperan sebagai penyambung wilayah dalam pergerakan orang, barang, merekatkan antar wilayah dengan mengikat dan merajut keragaman suku, budaya, ras, bangsa, bahasa bahkan karena keberagaman adalah berkah yang diberikan Allah kepada bangsa Indonesia, maka perlu diperkokoh melalui pembangunan transportasi,” kata Budi.

Menurut Budi, pemerintah dituntut untuk memberikan fasilitas yang baik kepada masyarakat. Agar nantinya masyarakat bisa saling terhubung dan persatuan keragaman budaya juga bisa terwujud.

“Kita memang harus all out memberikan fasilitas pada masyarakat, negara dituntut harus hadir memfasilitasi mobilitas masyarakat dimanapun kapanpun melalui mobilitas transportasi guna merajut simpul konektivitas. Ada jangka panjang diharapkan bisa merajut mempersatukan ragam sosial ragam budaya di Indonesia,” pungkas Budi.