KABARNUSANTARA.ID – Taman wisata alam (TWA) Gunung Papandayan terus perketat protokol kesehatan (Prokes) pengunjung yang tidak tidak mematuhi prokes, sepertti tidak mengenakan masker dilarang masuk area yang dikelola PT. Alam Indah Lestari (AIL). Bahkan pengunjung yang memasuki kawasan TWA pada hari Sabtu (31/10/2020) harus menjalani rapid tes mencegah penyebaran corona virus disease (Covid-19) di kawasan wisata.

“Memasuki libur panjang pekan ini kita lakukan pengetatan protokol kesehatan. Pengunjung yang berniat menginap harus menjalani rapid tes. Kita selalu mengikuti anjuran pemerintah, rapid tes Ini bantuan provinsi melalui Disparbud. Kita sangat perketat mulai pintu masuk gerbang, melakukan cek suhu tubuh kepada pengunjung dan mewajibkan 3M,” Tutur Manager PT. AIL Dedi Sitepu kepada wartawan saat meninjau pelaksanaan rapid tes di objek wisatanya, Sabtu (31/10).

Lanjutnya, terdapat 150 paket untuk sampel rapid tes para pengunjung yang bermalam. Hal tersebut karena pengunjung yang bermalam memiliki potensi interaksi yang lebih lama. Selain itu, para pengunjung juga diharuskan untuk membawa surat rapid tes sebelumnya.

Setelah memastikan karyawannya tidak ada yang positif, maka pihaknya pun membentuk satgas internal yang berfungsi untuk menginformasikan kepada pengunjung untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Satgas yang dibentuk internal untuk mengimbau dan menginformasikan kepada pengunjung kaitan protokol kesehatan, mulai dari security hingga ke atas,” Imbuhnya.

Untuk memastikan pelayanan sehat, pihaknya pun melakukan tes usap (swab test) bagi 50 persen karyawannya. ” Alhamdulillah hasilnya semua negatif,” Pungkasnya. (Jay)