JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID  РSetelah dilantik Presiden Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan dukungannya kepada calon presiden Joko Widodo atau Jokowi, di pemilihan presiden 2019.

“Tahun 2019 saya dukung Pak Jokowi. Sudah clear. Tidak usah ditanyakan lagi,” ungkap Ridwan Kamil di Istana Negara, Jakarta, Rabu,(05/09/18).

Orang yang pernah menjabat sebagai Wali Kota ¬†Bandung tersebut mengatakan akan mengikuti aturan terlebih dulu untuk bergabung dalam tim kampanye nasional Jokowi – Ma’ruf. Bahkan orang yang biasa disapa kang emil itu mengatakan, jika ada aturan yang melarang kepala daerah masuk dalam struktur tim kampanye, maka ia tidak bisa memberikan dukungan secara formal.

Namun, ia menilai kepala daerah yang bergabung dalam tim kampanye calon presiden tidak akan melanggar aturan. Pasalnya, Ridwan Kamil melihat pengalaman Gubernur Jawa Barat sebelumnya, Ahmad Heryawan, pernah menjadi tim sukses Prabowo Subianto.

“Gubernur sebelumnya pak Aher kan dulu ketua timsesnya Pak Prabowo. Kalau tidak melanggar aturan tentunya ini hak politik. Tidak masalah,” jelasnya.

Melalui Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar sebelumnya memastikan nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam struktur tim kampanye nasional Jokowi – Ma’ruf.

Muhaimin mengatakan sosok Ridwan Kamil sangat dibutuhkan dalam struktur tim kampanye nasional sebagai pendorong opini dan penggerak masyarakat.

Selain Ridwan Kamil, partai pengusung Jokowi – Ma’ruf juga akan mengajak Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa. Bahkan sampai saat ini, sejumlah kepala daerah yang telah menyatakan dukungan kepada Jokowi di pilpres 2019 adalah Ganjar Pranowo dan Lukas Enembe.

(Ryan/Jkt)