TASIKMALAYA|KABARNUSANTARA.ID – Aksi pelanggar lalulintas di Tasikmalaya, Jawa Barat viral di media sosial saat kena tilang polisi, pemotor tersebut tidak mengetahui bentuk dan fungsi Surat Izin Mengemudi ( SIM ) hingga berniat membeli sim milik polisi agar lolos dari sanksi tilang.

Video pelanggar lalu lintas tersebut viral di media sosial dan pesan berantai whatsapp seiring dengan moment oprasi patuh, yang digelar kepolisian. Dalam video yang berdurasi satu menit lebih, terekam seorang pengendara motor saat dimintai surat izin mengemusi oleh polisi.

Baca juga : Pemerintah Tanggung Biaya Kematian Dua Jemaah Haji Asal Tangsel

Bukan menyerahkan SIM, pengendara tersebut justru menanyakan bentuk dan fungsi SIM dengan mengunakan bahasa sunda yang kental, bahkan psmotor ini tidak mengetahui sim dengan alasan tidak mengetahui sim karena baru membeli motor delapan bulan lalu.

Bahkan saat polisi menunjukan SIM pribadinya, pemotor berjakst hitam ini malah berniat membeli SIM milik anggota. Petugas langsung menjelaskan pungsi SIM sambil membawanya dialog dengan memberikan air mineral dan roti.

Sstslah ditelusuri peristiwa tersebut terjadi di wilayaah hukum Polres Tasikmalaya, Jawa Barat akhir juli lalu. Unit lalulintas Polsek Singaparna sengaja menggelar oprasi keselamatan berkendara di Jalan Raya Sukasukur. Petugas sengaja melakukan penegakan hukum dengan pendekatan humanis yang melayani mengayomi dan melindungi masyarakat.

Kompol Rikky Ariesetiawan Wakapolres Tasikmalaya menyampaikan permohonan maaf atas viralnya video tersebut. ” Pertama tama kami mohon maaf bilamana video ini jadi viral pada dasarnya kami dari polres tasikmalaya tekankan untuk melayani melindungi ayomi masyarakat itu tugas pokok polri dibalik penegakan hukumnya harus berlaku baik senyum sapa dalam laksanakn tugas dalam oprasi patuh,” ujarnya.

Pemotor tersebut bernama Kohir warga kertaherja taraju Tasikmalaya, Jawa Barat. Bahkan dipastikan pedagang bakso colok ini tidak mengetahui SIM serta fungsinya hingga bertingkah lucu saat ditilang.

Pemotor ini juga ternyata hanya dibekali surat kepemilikan kendaraan sementara dari kantor pembiayaan. Meski demikian pihak polisi tetap menindak pemotor ini dengan sanksi tilang.

Ipda Tono S Kanit Lantas Polsek Singaparna menjelaskan bahwa kejadian tersebut bukanlah rekayasa, video viral tersebut terjadi saat pihaknya melakukan pemeriksaan.

“Ini bukan rekayasa itu apa adanya terjadi spontanitas, anggota kami lakukan pemeriksaan kemudian ditemukan pemitor dia tidak tau sim bentuknya sperti apa dibuat dimana tanpa ada rekyasa apapun, kami sempat bercanda dengan pemotor kami kasihh roti dan minuman disisi lain penegakan hukum harus tetap berjalan,” pungkasnya.

Pihak kepolisian menghimbau agar pengendara selalu mslengkapi kendaraannya dengan surat berkendara. Tidak melanggar aturan lalu lintas serta pastikan anda lolos dari jaringan oprasi patuh yang digelar dua pekan kedepan.

Reporter : Ucue

2 KOMENTAR