Wabup Garut Helmi Budiman Bagikan 6 Kwintal Sayuran Untuk Tekan Angka Stunting

0
64

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – dr Helmi Budiman Wakil Bupati Garut terus-menerus mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi ikan atau sayuran secara rutin. Hal ini disampaikan Wabup di Kabupaten Garut ketika berkunjung ke Desa Garonggong, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Minggu (17/11/19).

Tak seperti biasanya Wabup Garut dengan santai sering membawa perbekalan sayuran seperti kentang dan tomat sebanyak 6 kwintal untuk dibagikan kepada masyarakat di Desa Garonggong Kecamatan Cibalong.

Usai memberikan natura tersebut Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan kunjungannya itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para tokoh masyarakat yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat yang ada di Desa Garonggong karema isu kesehatan masih menjadi PR besar bagi Kabupaten Garut.

“Kunjungan kali ini saya sengaja membawa sayur mayur diantaranya tomat dan kentang untuk dibagikan ke masyarakat secara cuma – cuma tiada lain agar masyarakat kabupaten garut sehat dengan rutin mengkonsumsi sayuran ini juga sebagai salah satu strategi atau upaya menekan angka stunting di Kabupaten Garut,” ungkap Helmi.

Menurut Helmi penyebab stunting di Kabupaten Garut tidak hanya berasal dari gizi ibu hamil, kurangnya asupan makanan bergizi atau kurangnya konsumsi sayur mayur, atau lingkungan tidak bersih juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan stunting.

“Stunting atau kondisi gagal tumbuh berpengaruh terhadap pertumbuhan otak balita, membuatnya tidak ada daya saing saat dewasa, balita perempuan yang mengalami stunting ketika dewasa menjadi ibu yang berpotensi melahirkan bayi dengan gizi buruk pula,” jelas Helmi.

Selain itu Lilis (40) warga kampung garonggong, Desa Garonggong, Kecamatan Cibalong, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman dirinya tidak menyangka pada hari ini di desanya akan kedatangan tamu istimewa yang membagikan sayuran secara cuma – cuma bagi masyarakat Desa Garonggong.

“Saya mimpi apah semalam Desa Garonggong akan kedatangan wakil bupati garut dan membagikan sayuran langsung sama beliau. Keur kasep teh bageur sederhana deuih pikaresepeun,” puji Lilis dengan sumringah usai bertemu wabup.

Reporter : MD Sumarna
Editor : Slamet Timur