GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman beserta Kepala Dinas PUPR Garut Hj.Ir Luna meninjau lokasi yang meresahkan masyarakat, Senin (31/08/20). Lokasi tersebut berada di Kp.Dayeuhandap RW 03 Kelurahan Kota kulon, Kecamatan Garut kota, Kabupaten Garut Jawabarat, yang berdekatan dengan Aliran Sungai Cipeujah.

Diberitakan sebelumnya tebing setinggi 10 meter itu dikhawatirkan longsor dan menimbun pemukiman warga sekitar. Kondisi tebing yang tanpa penyangga, serta berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai Cipeujah yang seringkali banjir menambah kekhawatiran akan terjadinya longsor.

Lokasi tersebut mendapat perhatian dari Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman yang langsung turun ke lokasi yang ditemani Kepala Dinas PUPR Garut Hj. Ir Luna.

Wakil Bupati Garut dr. Helmi menyampaikan perlunya upaya pemerintah untuk secepatnya menindak lanjuti hal tersebut sebelum terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tadi kan warga menyampaikan, lokasi ini seringkali terjadi banjir dari aliran sungai cipeujeuh, bahkan diperparah lagi dengan kondisi tebing yang memang bisa dilihat cukup mengkhawatirkan juga, oleh karena itu tentunya harus ada upaya,” ucap Helmi kepada Wartawan dilokasi.

Helmi juga menyebutkan, upaya-upaya yang harus dilakukan salah satunya dengan pembuatan tanggul atau TPT yang tentunya tidak akan menyempitkan aliran sungai, sehingga banjir juga dapat diatasi.

Untuk saat ini sambung Helmi, pihaknya akan membuat upaya dengan pemasangan Bronjong sebagai antisipasi ancaman longsor dari tebing.

“Untuk pelaksanaan upaya keduanya kita akan segera rapatkan, dan mudah-mudahan bisa menggunakan anggaran BTT atau perubahan tahun ini,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Kelurahan Kota Kulon Dede Nasir yang didampingi Ketua RW 03, Sani Zulkarnain menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadiran dr. Helmi Budiman ke lokasi yang memang sejak bertahun-tahun belum pernah memperoleh kunjungan dari para pemimpin Garut.

“Kedatangan dr Helmi Budiman tentunya menjadi sejarah bagi warga dilingkungan Dayeuhandap ini, terlebih beliau merespon cepat mengenai keluhan serta kehawatiran warga masyarakat di wilayah ini,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, saking antusiasnya warga masyarakat dari mulai kaum ibu, remaja hingga anak-anak saling berbondong-bondong mendekati dr.Helmi Budiman karena ingin melihat langsung sosok pemimpin yang memang ditunggu-tunggunya itu.

Reporter : MD Sumarna