GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Warga RW 8 Kampung Loji, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, melaksanakan karya bakti membersihkan sampah di selokan yang ada di kampung setempat, Jumat (19/7/2019).

Ketua RW 8 Iyan Sofyan mengatakan, selokan yang mengalir di pinggir kampung kondisinya kini dikotori sampah, mulai sampah plastik hingga daun dan ranting. Akibatnya, selain berwarna hitam, air selokan juga menebarkan bau.

Baca juga:

Dikira Begal, Tukang Ojek Warga Karangpawitan Dihakimi Massa

“Jadi kami berinisiatif membersihkannya agar aliran air lancar, apalagi pada musim kemarau ini banyak warga yang membuang sampah sembarangan ke selokan ini,” kata Iyan.

Ditambahkannya, setiap hari Jumat warga Loji yang terbagi menjadi lima RT selalu kompak melakukan gerakan kebersihan lingkungan, dari mulai jalan hingga sarana ibadah. Dan kali ini, gerakan itu difokuskan untuk mengangkat sampah dari selokan di pinggir kampung.

“Mungkin tak akan cukup satu kali gerakan karena sampahnya terlalu banyak, jadi kami akan menjadwalkannya kembali di waktu yang akan datang,” ungkapnya.

Sementara itu, Reno Dwiyulian, salah satu warga Loji yang juga perangkat Desa Keresek, mengaku salut dengan kekompakan warga kampungnya.

Baca juga:

Sukses Kembangkan Kebun Jeruk Eptilu, Rizal Pemuda Asal Cikajang Jadi Duta Petani Muda Asean

“Setiap kali ada gerakan, dipastikan warga turun,” katanya.

Reno mengungkapkan, jika dalam menjaga kebersihan terus dipelihara, bukan tak mungkin Kampung Loji akan memenangkan lomba kebersihan antar RW yang biasa digelar pihak Pemerintahan Desa Keresek setiap Agustus.

Reporter: Atu RF
Editor : Mustika