JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID Menko Polhukam Wiranto mengatakan di balik kericuhan di Wamena Papua, Benny Wenda tokoh separatis Papua menginstrusikan kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk menyerang masyarakat pendatang di Wamena.

Baca Juga: Resmi Puan Maharani Jadi Ketua DPR RI 2019-2024

kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019). “Kita terus mengejar siapa aksi-aksi provokasi dan sebagainya. Tapi serangan-serangan itu kan dilakukan oleh KKB. Kelompok bersenjata mereka. Mereka dapat instruksi dari Benny Wenda untuk menyerang pendatang dan kerusuhan di kota-kota, termasuk di media sosial,”

Wiranto mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi serta mendinginkan suasana atas provokasi di media sosial yang terus dilakukan untuk menciptakan kegaduhan.

Baca Juga: Mahasiswa Tafsir Hadist Se-Indonesia Ikuti Seminar International di Malaysia

“Maka kita mengharapkan masyarakat terutama masyarakat yang bergerak di medsos bantu mendinginkan suasana ini. Membantu agar masyarakat menghilangkan trauma itu,” kata dia.

Wiranto memastikan pemerintah terus berupaya untuk memberikan jaminan keamanan kepada warga. Selain itu, Wiranto mengatakan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw telah mengimbau masyarakat agar kembali ke Wamena.

Baca Juga: Rajia Kesadaran Berkendara di Garut Masih Banyak Pelajar Yang Melanggar

“Kapola Papua kan sudah juga menyampaikan penjelasan ke masyarakat, bahwa mengimbau ke masyarakat ayo balik ke sana. Namun kami juga harus memberikan jaminan keamanan yang utuh,” ucapnya.

Sumber: https://news.detik.com

Editor: M Reza