Wisata Garut Leuwi Tonjong

0
89

WISATA, KABARNUSANTARA.ID – Beberapa objek wisata alam di Garut memang selalu memikat wisatawan. Kali ini ada destinasi Garut yang mirip dengan destinasi wisata Phuket di Thailand.

Objek wisata Cipanas, Darajat, hingga Gunung Papandayan menjadi destinasi favorit wisatawan yang berlibur di Garut. Namun, ternyata Garut juga masih punya banyak surga tersembunyi yang belum banyak diketahui orang.

Satu dari sekian banyak objek wisata di Garut yang belum dikenal masyarakat luas adalah Leuwi Tonjong. Di tempat ini, wisatawan bisa liburan sambil basah-basahan!

Leuwi Tonjong terletak di Kecamatan Cihurip yang terletak di wilayah selatan Garut, sekitar 65 kilometer dari pusat perkotaan Garut. Kini, Leuwi Tonjong menjadi objek wisata air yang kini sedang jadi tempat favorit baru untuk berlibur berupa sungai yang cantik.

Sekilas, Leuwi Tonjong memang seperti sungai pada umumnya. Namun air berwarna biru yang bersumber dari mata air pegunungan menjadikan objek wisata ini cocok untuk memanjakan mata dan pikiran.

Yang jadi unik dari tempat ini adalah dua tebing batu yang mengapit sungai. Leuwi Tonjong terlihat seperti tempat wisata Phuket di Thailand.

Di tepi aliran sungai dengan air yang tenang ini terdapat suatu kubangan seperti danau yang dangkal berukuran sekitar 400 meter persegi, dengan dasar bebatuan. Kubangan itu kerap dimanfaatkan wisatawan untuk berenang dan bermain air. Masyarakat setempat mempercantik tempat itu dengan menyediakan rakit bambu.

Untuk berlibur ke Leuwi Tonjong, wisatawan dikenakan biaya masuk Rp 25 ribu per orang. Tenang saja, pemandangan indah dan udara sejuk khas pegunungan yang disuguhkan dijamin membuat wisatawan puas dan ingin berlama-lama di sana.

Kualitas tempat wisata alam ini tidak bisa diragukan lagi. Tahun 2018 lalu, tempat wisata ini mendapat penghargaan sebagai salah satu tempat wisata terbaik versi Kementerian Pariwisata RI.

Leuwi Tonjong menyabet peringkat dua wisata alam kategori Surga Tersembunyi Terbaik dalam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Leuwi Tonjong hanya kalah dari objek wisata Pulau Kelabba Maja, Kabupaten Sabu Raijua, NTT yang berhasil menduduki peringkat pertama anugerah tersebut.

“Penghargaan yang diraih Leuwi Tonjong ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Garut,” ungkap Helmi Budiman kepada wartawan selepas meraih penghargaan tersebut pada tahun 2018 silam.

Selepas mendapat penghargaan itu, Pemkab Garut terus membenahi objek wisata Leuwi Tonjong. Selain mempercantik akses menuju lokasi, Pemkab juga menambah sarana dan prasarana di lokasi wisata tersebut.