GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Besar harapan mengarah kepada Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Garut saat ini, hal tersebut membuat gairah masyarakat meningkat untuk bergabung dengan Kadin, di ajang perhelatan Musyawarah Kabupaten (Mukab) VII Kadin Garut, pada 21 Januari 2020 mendatang.

Yudi Nugraha Lasminingrat Calon Ketua Kadin, menyadari bahwa banyaknya harapan tersebut yang menuju kepad dirinya, Ketua BPC Gapensi Garut, bahkan pemilik Domba House itu memaparkan program yang akan diluncurkan jika terpilih menjadi Ketua Kadin Garut Periode 2020-2025.

Bahkan ia menyebut jika Kadin merupakan wadah dunia usaha, sudah semestinya dapat dirasakan kiprahnya dalam pengembangan dunia usaha terutama sektor usaha kecil menengah. Namun yang terkadi saat ini, Kadin lebih banyak berkecimpung di bidang usaha konstruksi yang didanai oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten.

“Kedepan Kadin harus menjadi gerbong yang mengakomodasi dan mengembangkan semua gerbong perdagangan dan industri, sepak terjang Kadin harus mampu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan bukan hanya dari pengusaha ke pengusaha saja,” ungkapnya, Selasa (14/1/’20).

Selain itu Yudi menyebut tujuan utama dibentuknya Kadin sebagaimana dalam UU Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri Bab II Tujuan Pasal 3. Bahwa Kamar Dagang dan Industri bertujuan membina dan mengembangkan kemampuan, kegiatan, dan kepentingan pengusaha Indonesia di bidang usaha negara, usaha koperasi, dan usaha swasta dalam kedudukannya sebagai pelaku-pelaku ekonomi nasional dalam rangka mewujudkan kehidupan ekonomi dan dunia usaha nasional yang sehat dan tertib beradasarkan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945, lalu menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya secara efektif dalam Pembangunan Nasional.

“Sangat jelas bahwa sektor jasa kontruksi hanyalah satu bidang bisnis dari sekian banyak bidang yang harus kita berdayakan dan tingkatkan,” ujarnya.

Yudi menyebut saatnya Kadin lakukan Reposisioning dan Reorentasi Terhadap Perkembangan Jaman Berbasis Revolusi Industri 4.0.