JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Pandemi COVID-19 sudah berlangsung selama berbulan-bulan. Banyak masyarakat yang kini mulai jenuh karena pandemi pasti membatasi gerak hingga aktivitas keseharian mereka. Selain itu, masyarakat juga saat ini tak bisa beraktivitas normal seperti sebelum pandemi.

Namun yang harus diingat, jenuh bukan berarti harus abai terhadap pandemi. Masyarakat tetap diimbau untuk melakukan langkah-langkah preventif agar tidak mudah terinfeksi virus Coron, misalnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan hingga menjaga daya tahan tubuh.

Dilansir dari covid19.go.id, ada enam langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus Corona maupun berbagai penyakit lain. Langkah-langkah mudah ini harus rutin dilakukan ya, yang dilansir dari detik.com.

Berjemur di Bawah Matahari

Mumpung lagi rumah aja, jangan lupa untuk menyempatkan berjemur di bawah matahari pagi. Mudah kok, berjemur bisa dilakukan di teras rumah minimal 10-15 menit dan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Olahraga Rutin

Langkah selanjutnya adalah olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit. Olahraga bisa dilakukan di rumah saja atau sekitaran lingkungan rumah serta usahakan jangan membuat kerumunan.

Minum Air Putih

Minum air putih kurang lebih 2 liter per hari ternyata bermanfaat buat menjaga daya tahan tubuh. Perlu diingat lagi yah, air putih dan bukan air yang lain.

Konsumsi Vitamin atau Suplemen

Masyarakat bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun sebagai catatan, lebih baik vitamin atau suplemen dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Konsumsi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Pola makan maupun jenis makanan juga harus dipilih-pilih yah biar tetap sehat. Utamakan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Tidur yang Cukup

Tidur secukupnya itu minimal 7-8 jam per hari. Lalu jangan keseringan begadang dan ingat menjaga kesehatan itu penting di masa pagebluk ini.

Selain menjaga daya tahan tubuh, penting juga buat masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar tidak mudah terinfeksi virus. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.