Baznas Garut Handle Santunan Baznas Jabar

0
65

GARUT|KABARNUSANTARA.ID Karena rencana pemberian bantuan dari Baznas Jawa Barat terus menerus diundur sementara kaum dhuafa tak bisa terus menunggu, Baznas Garut terpaksa turun tangan. Rabu (22/5/2019), lembaga ini menhandle bantuan untuk 50 anak yatim, 10 santri salafiyah, penceramah dan DKM Masjid Agung Garut yang semula akan diberi bantuan pihak Baznas Jawa Barat.

“Semula mereka akan diberi bantuan oleh Baznas Jawa Barat, namun karena hingga kini tak kunjung tiba, maka Baznas Garut terpaksa menghandlenya,” kata Ketua Baznas Garut Rd. Aas Kosasih, usai pemberian santunan yang berlangsung di Masjid Agung Garut. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Garut, Rudy Gunawan, Ketua MUI KH Sirojul Munir dan sebagainya.

Bangsa Indonesia Berkabung, Ustad Arifin Ilham Meninggal Dunia

Menurut Aas, rencananya Baznas Jabar akan memberikan bantuan pada tanggal 17 Mei dalam agenda kunjungan Wakil Gubernur. Namun gagal dan diundur ke hari Rabu 22 Mei 2019. Ternyata juga gagal sehingga dijadwal ulang sampai tanggal 29 Mei mendatang.

“Tanggal 29 juga belum pasti, sedangkan para dhuafa ini sangat membutuhkan bantuan ini, maka sudah kami handle saja. Yang tadinya bantuan dari provinsi, menjadi bantuan Baznas Garut,” ungkap Aas.

Menurut Aas, inisiatif mengambil alih santunan untuk kaum dhuafa karena Baznas Garut tidak ingin mengecewakan para calon penerima manfaat.

“Baznas ini kan sedang naik daun, jangan sampai masyarakat kecewa dan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Baznas menurun. Ada pun besarnya bantuan yang dijanjikan Baznas provinsi sebesar Rp 21 juta, Tapi kita tadi berikan Rp 23 juta,” terangnya.

Ditambahkannya, pada tanggal 29 Mei mendatang pihaknya akan menyelenggarakan Gebyar Baznas Kabupaten Garut. Dalam kegiatan itu Baznas akan memberikan santunan kepada 3 ribu sampai 4 ribu penerima manfaat.

Begal Bacok Pengemudi Ojek Online di Bayongbong

“Jadi untuk t anggal 29 itu, kalaupun Baznas provinsi dan Pak Wakil Gubernur akan datang, itu bukan acara provinsi, tapi acaranya Gebyar Baznas Kabupaten Garut,” tuturnya.

Untuk penyalurannya, Baznas Garut membaginya dalam 4 program, yaitu pertama, Program Garut Cerdas yang akan diberikan kepada 1000 siswa Sekolah Dasar berupa peralatan sekolah. Kedua, Program Garut Sehat, akan diwujudkan dalam pemberian kursi roda, kaki dan tangan palsu, dan alat lainnya untuk penyandang disabilitas. Ketiga, Garut Taqwa diperuntukan kepada 210 ustad di seluruh kecamatan. Kelima, Garut Peduli, bantuan kepada para pegawai honorer, ptugas kebersihan, dan yang lainnya yang jumlahnya mencapai 2000 orang.

Reporter Jay
Editor : Mustika