Empat BUMN Masuk Perusahaan Publik Global Terbesar di Dunia

6
Hosting Unlimited Indonesia

JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID – Majalah ekonomi Forbes, baru-baru ini merilis daftar 2.000 perusahaan publik global terbesar di dunia pada 2019 dari 61 negara. Yang membanggakan, 4 BUMN Indonesia masuk di dalamnya dan berada di level 900 perusahaan teratas.

Keempat perusahaan tersebut, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), dan tiga lainnya dari perbankan yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero).

Baca juga:

Menhub: Reaktivasi Kereta Api Cibatu-Garut Jadi yang Pertama di Jabar

“Ini menunjukkan BUMN Indonesia memiliki daya saing yang kuat dengan perusahaan top global lainnya,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Ada beberapa kriteria perusahaan publik global untuk dilebli perusahaan publik global terbesar di dunia, di antaranya kapitalisasi pasar, penjualan atau pendapatan, laba, dan aset di 2018.

Dalam dafatar yang dirilis Forbes, BRI menempati posisi 363, Bank Mandiri di posisi 481, dan Bank BNI di posisi 835. Sementara PT Telekom Indonesia menempati posisi 747.

Baca juga:

Proyek Pasar Leles Rugikan Negara Hampir Rp 800 Juta

Menurut Rini, predikat membanggakan yang dirilis pihak luar tersebut, tercapai berkat kerja keras dan sinergitas yang dibangun melalui visi BUMN “One Nation, One Vision, One Family, to Excellence”.

Ditambahkannya, kini pendapatan BUMN di atas Rp 200 triliun, sementara saat awal dirinya ditunjuk menjadi Menteri BUMN,di posisi Rp 143 triliun.

“Kini berkat kerja keras semua, keuntungan BUMN di atas Rp 200 triliun,” jelas Rini.

Reporter : RM
Editor : Mustika

Comment

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan