oleh

Guru Luar Negeri Didatangkan Bukan untuk Mengajar di Kelas, Kata Mendikbud

JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID – Gagasan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani untuk mendatangkan guru luar negeri ke Indonesia, nampaknya akan direalisasikan pemerintah. Namun menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, konsepnya bukan impor guru untuk mengajar di kelas, melainkan didatangkan untuk melatih para guru.

Baca juga:

Ketua PGRI : Gagasan Datangkan Guru dari Luar Negeri, Sakiti Guru Honorer

Para guru yang dilatih di antaranya, guru SMK, guru teknologi, scince, matematika dan pembelajaran vokasi.

“Guru luar negeri itu untuk meningkatkan kapasitas pembelajaran vokasi di SMK juga pembelajaran science, technology, engineering and mathematics atau STEM. Mereka (guru luar negeri) akan mendidik para guru,” ujar Mendikbud di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Baca juga:

Dosen Pascasarjana Unpas Bandung Diamankan Polisi

Ditambahkannya, guru luar negeri tersebut juga juga akan masuk ke lembaga pelatihan yang berada di kementerian lain, misalnya Balai Latihan Kerja.

“Jadi bukan diimpor untuk mengajar di kelas, melainkan melatih para mentor yang akan mengajar guru-guru, sebab mendatangkan guru asing diperkirakan lebih efisien dibanding mengirim guru-guru ke luar negeri” jelasnya.

Reporter: RM
Editor: Mustika

Komentar

News Feed